15 Ribu Vaksin Sinovac Tiba di Maluku, Pemda Bahas Distribusi Antar Pulau

Muslimin Abbas - detikNews
Senin, 04 Jan 2021 14:07 WIB
15 Ribu Vaksin Sinovac Tiba di Maluku.
Sebanyak 15 ribu vaksin Sinovac tiba di Maluku. (Muslimin Abbas/detikcom)
Ambon -

Vaksin tahap pertama untuk tenaga kesehatan di Maluku telah tiba di gedung Dinas Kesehatan Maluku. Ketua Harian Satgas Percepatan Penangan COVID-19 Maluku Kasrul Selang mengatakan ada 15.120 yang diterima untuk tenaga kesehatan Maluku.

"(Sebanyak) 15.120 dosis yang ini semua sumber daya manusia (SDM) kesehatan untuk masyarakat belum kesehatan dulu," kata Kasrul di kantor Gubernur Maluku, Senin (4/1/2020).

Sebanyak 15 ribu dosis vaksin ini dikirim dari PT Bio Farma. Kasrul, yang juga menjabat Sekda Provinsi Maluku, menjelaskan, setelah mendapat kiriman vaksin, akan dilakukan koordinasi dengan kabupaten/kota terkait pendistribusiannya.

"Setelah mendapat ini (vaksin) sebentar ini ada koordinasi lagi dengan Kementerian, setelah itu distribusi ke Kabupaten dari kabupaten ke Puskesmas itu, setelah itu, ini esok juga kita akan sosialisasi terus, edukasi itu direncanakan secara serentak seluruh Indonesia kalau pun belum ada perubahan itu tanggal 14 Januari," ujarnya.

Pemerintah Maluku akan menggelar rapat secara virtual dengan seluruh satgas COVID-19 di Kabupaten Maluku untuk membahas persiapan transportasi, khususnya antarpulau di Kabupaten.

"Setelah ini ada esok kita akan rapat virtual seluruh satgas COVID Kabupaten/Kota di situ kita akan bahas bagaimana mendistribusi pasti dinamika tersendiri di kabupaten, teman-teman di kabupaten harus siap transportasi," jelas dia.

Penyuntikan vaksin Sinovac akan dilakukan pada 14 Januari 2021 dan diharapkan dilakukan secara bergiliran.

"Tahap pertama ini 15.120 botol untuk suntikan pertama, ini kan ada 2 kali suntikan. Tahap pertama 14 hari berikutnya tapi kita informasi ke kesehatan jangan semuanya," jelas Kasrul.

(idn/idn)