Soal Seaglider Misterius, Jubir Prabowo Ajak Publik Tak Berpolemik

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 04 Jan 2021 13:08 WIB
Drone laut misterius di Selayar, Sulawesi Selatan, yang ditemukan nelayan merupakan alat bernama seaglider. Hal itu disampaikan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono dalam jumpa pers di Pusat Hidrografi dan Oseanografi (Pushidrosal) TNI AL, Ancol, Jakarta Utara, Senin (4/1/2021).
Seaglider yang ditemukan di perairan Selayar. (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Unit drone laut yang ditemukan di Selayar adalah seaglider. Pemiliknya masih misterius. Kementerian Pertahanan (Kemhan) mengajak masyarakat tidak berpolemik soal seaglider itu.

"Terkait dengan penemuan drone di laut Selayar, Sulawesi Selatan, Kementerian Pertahan mengajak publik tidak berpolemik yang kontraproduktif, Kementerian Pertahanan dan Mabes TNI, khususnya Angkatan Laut, pasti akan menangani permasalahan tersebut," kata Juru Bicara Menhan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, dalam siaran pers tertulis, Senin (4/1/2021).

TNI AL sudah menyatakan bahwa benda yang ditemukan nelayan itu adalah seaglider. TNI AL juga akan mencari tahu lebih lanjut soal wahana nirawak itu.

"Dan saat ini TNI AL sudah menyatakan bahwa drone yang ditemukan tersebut adalah seaglider yang biasa digunakan untuk survei data oseanografi, untuk lebih rinci Pihak TNI AL melalui Pusat Hidrografi dan Oseanografi akan menyelidiki lebih lanjut drone tersebut," kata Dahnil.


Menhan Prabowo Subianto berkomitmen memperkuat pertahanan Indonesia. Langkah nyatanya adalah melakukan muhibah ke banyak negara produsen alat utama sistem persenjataan (alutsista) terbaik.

"Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berharap rakyat Indonesia terus mendukung TNI bekerja keras untuk pertahanan Indonesia dan mari bersama memperkuat pertahanan rakyat semesta untuk memastikan NKRI yang lebih kuat," kata Dahnil.

Selanjutnya, tak ada tulisan keterangan di bodi seaglider:

Selanjutnya
Halaman
1 2