Hari Terakhir Libur Tahun Baru, 80 Ribu Penumpang Pesawat Tiba di Soetta

fas - detikNews
Senin, 04 Jan 2021 06:10 WIB
Suasana Bandara Soekarno-Hatta Minggu (3/1/2021) pukul 10.09 WIB. (Foto: Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Foto: Suasana Bandara Soekarno-Hatta Minggu (3/1/2021) pukul 10.09 WIB. (Foto: Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menjadi bandara yang paling sibuk dalam menyambut kedatangan penumpang pesawat pada puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Sebab, sekitar 80 ribu penumpang pesawat tiba di Bandara tersebut.

Hal itu diungkap oleh Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi, Minggu (3/1/2021). Menurut Agus, 80 ribu penumpang pesawat yang tiba di Bandara Soetta diangkut dengan 850 penerbangan.

"Pada puncak arus balik ini diperkirakan Bandara Soekarno-Hatta melayani 80.000 orang penumpang pesawat," kata Agus, dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan.

Agus mengungkap pihaknya telah menyiapkan segala sesuatu guna proses keberangkatan dan kedatangan berjalan dengan lancar. Misalnya, kata dia, seperti mengkoordinasikan lokasi parkir pesawat hingga alur kedatangan penumpang untuk pemeriksaan.

"Kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya agar proses keberangkatan dan kedatangan berjalan lancar misalnya dengan mengkoordinasikan lokasi parkir pesawat, aktivitas pihak ground handling, alur kedatangan penumpang termasuk terkait pemeriksaan eHAC. Penumpang diimbau mengisi formulir eHAC di bandara keberangkatan," ujar Agus.

Sementara itu, President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengungkap pada periode angkutan Nataru sejak 18 Desember 2020 hingga 2 Januari 2021, pergerakan pesawat di seluruh bandara PT Angkasa Pura II tercatat ada 22.111 pergerakan. Sementara pergerakan penumpang pesawat mencapai sekitar 1,75 juta orang.

Khusus di Bandara Soekarno-Hatta pada H-7 sampai H+1 jumlah pergerakan pesawat sebanyak 12.590 pergerakan, dan pergerakan penumpang sekitar 1,02 juta orang. Menurutnya, secara umum pelaksanaan angkutan Nataru 2020/2021 berjalan lancar di bandara-bandara PT Angkasa Pura II.

"Kami terus memantau perkembangan terkini dan melakukan sejumlah antisipasi serta perbaikan untuk mendukung berjalannya penerbangan dengan baik," ujar Awaluddin.

Simak juga video 'Calon Wisatawan Borobodur Jalani Rapid Test Antigen, 3 Orang Positif':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/ibh)