Hingga Malam Hari, Penumpang KA dari Luar Kota Masih Berdatangan di St Senen

Tiara Aliya - detikNews
Minggu, 03 Jan 2021 20:22 WIB
Arus Balik, Penumpang dari Luar Kota Berdatangan di St Senen hingga Malam Hari
Hingga Malam Hari, Penumpang KA dari Luar Kota Masih Berdatangan di St Senen (Foto: Tiara/detikcom)
Jakarta -

Puncak arus balik penumpang kereta api (KA) jarak jauh libur tahun baru diprediksi terjadi hari ini hingga besok. Hingga malam hari, Stasiun Senen, Jakarta Pusat masih dipadati penumpang yang datang dari luar kota.

Pantauan detikcom pada Minggu (3/1/2021) per pukul 19.15 WIB, penumpang tiba dari berbagai daerah ke Stasiun Senen. Adapun, KA paling banyak tiba dari wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur dan DIY.

Salah satu KA yang baru saja tiba adalah KA Bogowonto yang datang dari Lempuyangan, DIY. Para penumpang mulai keluar menuju arah pintu kedatangan setelah KA Bogowonto berhenti di Stasiun Senen.

Penumpang membopong tas serta barang bawaannya berjalan meninggalkan area Stasiun Senen. Ada pula penumpang yang meminta bantuan porter untuk mengangkat bawaannya.

Hingga malam nanti, Stasiun Senen masih melayani dua kedatangan KA dari luar kota. Rinciannya, pada pukul 19.30 KA Tegal Ekspres rute Tegal-Pasar Senen dan KA Progo rute Lempuyangan-Pasar Senen pada pukul 23.54 WIB.

Tak hanya kedatangan, Stasiun Senen saat ini juga masih melayani keberangkatan KA jarak jauh. Seperti misalnya KA Serayu tujuan Purwokerto yang akan berangkat pukul 21.25 WIB mendatang.

Seperti diketahui, PT KAI Daop 1 mengatakan hari ini 39 KA akan datang ke Jakarta. Rinciannya, 22 KA ke Stasiun Pasar Senen dan 17 KA tiba di Stasiun Gambir.

PT KAI Daop 1 memprediksi puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru 2021 terjadi pada 3-4 Januari 2020. Pada Senin (4/1) besok, sebanyak 15 ribu penumpang dijadwalkan tiba di stasiun wilayah Daop 1 Jakarta.

"(Besok) Sekitar 15 ribu lebih penumpang KA jarak jauh yang yang akan tiba di area Daop 1 Jakarta baik di Pasar Senen, Gambir, Stasiun Karawang, Cikampek, Bekasi dan Jatinegara, yang berasal dari wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur," kata Kepala Daop 1 Jakarta Eko Purwanto di Stasiun Senen, Jakpus, Minggu (3/12/2020).

Tonton juga 'Minggu Malam, Arus Lalin Puncak Menuju Jakarta Ramai Lancar':

[Gambas:Video 20detik]

(ibh/ibh)