Cerita Penumpang di Stasiun Senen soal Penerapan Prokes di KA Saat Mudik

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 03 Jan 2021 14:28 WIB
Puncak arus balik libur tahun baru diprediksi terjadi hari ini, Minggu (3/1/2021). Stasiun Pasar Senen pun disibukkan dengan kedatangan ribuan penumpang.
Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara Foto
Jakarta -

PT KAI Daop 1 memprediksi puncak arus balik libur Natal dan tahun baru 2021 terjadi pada 3-4 Januari 2020. Sejak pagi, para penumpang yang berasal dari luar kota telah tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Salah satu penumpang, Asrorudin (55), baru saja tiba dari Surabaya, Jawa Timur. Ia merasa nyaman dan aman selama melakukan perjalanan jarak jauh dari Surabaya menuju Jakarta.

"Saya rasa cukup aman ya mengikuti prosedur yang dianjurkan oleh KAI. Kita harus mengikuti prokes COVID-19 rasanya aman," kata Asrorudin saat ditemui detikcom di Stasiun Senen, Jakpus, Minggu (3/1/2021).

Menurut Asrorudin, hampir seluruh penumpang di gerbong tempatnya duduk telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan memakai masker hingga face shield. Tak hanya itu, mereka pun duduk dengan menjaga jarak aman. Hal inilah yang membuat dirinya tak khawatir melakukan perjalanan jarak jauh selama COVID-19.

"Prokes di dalam gerbong tetap dijalankan oleh semua penumpang rata-rata semua pakai masker hanya mungkin yang agak riweuh itu pakai face shield kadang ada yang dilepas, masker semua harus menggunakan," sebutnya.

"Duduknya ada berjarak, kebetulan tempat saya bangku 2-2 diisi satu-satu, kemudian bangku 3 diisi berdua-berdua," lanjutnya.

Puncak arus balik libur tahun baru diprediksi terjadi hari ini, Minggu (3/1/2021). Stasiun Pasar Senen pun disibukkan dengan kedatangan ribuan penumpang.Puncak arus balik libur tahun baru diprediksi terjadi hari ini, Minggu (3/1/2021). Stasiun Pasar Senen pun disibukkan dengan kedatangan ribuan penumpang. (Akbar Nugroho Gumay/Antara Foto)

Sama seperti Asrorudin, Nuril Qomaryah (25) juga baru tiba dari Surabaya seorang diri. Ia pun tak khawatir melakukan perjalanan di masa pandemi COVID-19 karena PT KAI selalu memastikan penerapan protokol kesehatan berjalan dengan baik.

"Di sini sih protokolnya pasti, pertama dari rapid antigen dulu, lalu setelah boarding pass kita diberi face shield semua untuk para calon penumpang. Supaya lebih aman juga ada hand sanitizer yang disediakan," ucap Nuril.

Hanya, saat berada di dalam gerbong, Nuril mengakui bahwa penerapan social distancing masih sangat minim. Bahkan, dirinya saat di dalam gerbong masih duduk bersebelahan dengan penumpang lain.

"Tapi tapi untuk duduknya untuk kereta yang saya naiki belum diseling sih, masih ada sebelahan sama orang. Tapi kalau dari teman lain, di kereta lain itu sudah physical distancing jadi selang-seling begitu," jelasnya.

Puncak arus balik libur tahun baru diprediksi terjadi hari ini, Minggu (3/1/2021). Stasiun Pasar Senen pun disibukkan dengan kedatangan ribuan penumpang.Puncak arus balik libur tahun baru diprediksi terjadi hari ini, Minggu (3/1/2021). Stasiun Pasar Senen pun disibukkan dengan kedatangan ribuan penumpang. (Akbar Nugroho Gumay/Antara Foto)

Terakhir, penumpang bernama Sandra (24) baru saja pulang kampung dari Pemalang, Jawa Tengah. Ia pun mengungkapkan kebahagiaannya selama menaiki KA jarak jauh.

"Iya, pulkam. Kan merayakan Natal jadi pulang kampung. Nyaman juga sih soalnya kita sebelumnya juga sudah tes rapid kan, terus sudah pakai face shield rasa-rasa aman-aman saja," jelas Sandra.

Sebelum kembali ke Jakarta, Sandra pun melengkapi dokumen perjalanan jarak jauh berupa hasil rapid test antigen. Ia pun menjalani rapid test antigen secara mandiri.

"Kalau saya di rumah sakit dekat rumah. Soalnya kalau di Pemalang stasiunnya belum menyediakan, jadi mandiri di RS," ucapnya.

(isa/isa)