Round-Up

Segera Terbongkar Misteri Benda Diduga Drone di Selayar

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 03 Jan 2021 20:19 WIB
Sebuah benda asing mirip rudal dan terpasang kamera ditemukan oleh seorang nelayan, Saeruddin (60), di laut Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Benda itu kini sudah diamankan pihak TNI.
Foto: Istimewa
Selayar -

Misteri penemuan benda diduga kapal nirawak (drone) di Laut Selayar, Sulawesi Selatan, akan segera terbongkar. TNI AL akan menjelaskan ke publik soal temuan itu.

Penjelasan lengkap dan rinci akan diutarakan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono di Ancol, Jakarta Utara, besok (3/1).

"Besok silakan hadir di Pushidrosal Ancol, pukul 08.30 WIB. Bapak Kasal yang akan berikan konferensi pers," ujar Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono melalui pesan singkat, Minggu (3/1/2021).

Fungsi temuan itu masih menjadi teka-teki misteri yang belum terungkap. Pemilik benda itu juga belum diketahui.

Benda asing mirip rudal dan terpasang kamera ditemukan di laut Selayar (dok. Istimewa).Foto: Benda asing mirip rudal dan terpasang kamera ditemukan di laut Selayar (dok. Istimewa).

Sebelumnya, benda yang berbentuk seperti rudal itu ditemukan oleh seorang nelayan Saeruddin (60) yang sedang memancing di perairan Selayar. Benda itu memiliki berat sekitar 175 kilogram dan panjang sekitar 225 sentimeter (cm).

Dia memutuskan membawa benda bersayap itu ke rumahnya di Desa Majapahit, Kecamatan Pasimarannu, Selayar. Sepekan tersimpan, benda tersebut dievakuasi ke Markas Komando Rayon Militer (Koramil) Pasimarannu pada Sabtu (26/12). TNI memutuskan mengangkut drone tersebut dari rumah Saeruddin untuk mencegah hal tak diinginkan.

"Jadi tujuan saya mengambil langkah itu, mengamankan jangan sampai benda itu mengandung unsur berbahaya, merugikan masyarakat, makanya saya segera amankan," kata Danramil Pasimarannu Kapten Infanteri Syamsuddin saat dihubungi detikcom, Selasa (29/12).

Sebuah benda asing mirip rudal dan terpasang kamera ditemukan oleh seorang nelayan, Saeruddin (60), di laut Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Benda itu kini sudah diamankan pihak TNI.Sebuah benda asing mirip rudal dan terpasang kamera ditemukan oleh seorang nelayan, Saeruddin (60), di laut Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Benda itu kini sudah diamankan pihak TNI. Foto: Istimewa

Kapten Syamsuddin mengaku tak memeriksa benda tersebut. Pihaknya lalu melaporkan temuan drone itu ke pimpinan. Saat ini benda tersebut telah diserahkan kepada TNI AL.

Tonton juga 'Pemanfaatan Drone di Tengah Merebaknya Virus Corona':

[Gambas:Video 20detik]

Temuan ini juga menjadi perhatian guru besar hukum internasional UI Prof Hikmahanto Juwana. Simak komentarnya di halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2