Amalan Sunnah Nabi Muhammad SAW yang Memiliki Banyak Berkah

Puti Yasmin - detikNews
Minggu, 03 Jan 2021 17:04 WIB
ilustrasi berdoa
Foto: Getty Images/AleksandarGeorgiev/Amalan Sunnah Nabi Muhammad SAW yang Memiliki Banyak Berkah
Jakarta - Amalan sunnah Nabi Muhammad SAW bisa mendatangkan banyak berkah bagi yang mengerjakannya. Hal ini sesuai dalam hadits Abu Hurairah, Rasulullah bersabda bahwa sunnah bisa melengkapi kekurangan amalan fardhu.

"Sesungguhnya amalan yang seorang hamba pertama kali akan dihisab dengannya pada hari Kiamat adalah sholatnya, jika bagus, berarti ia beruntung dan selamat. Jika buruk (sholatnya), berarti ia rugi dan celaka. Jika terjadi kekurangan dalam amalan fardhunya, Rabb akan berfirman, "Lihatlah, apakah hamba-Ku memiliki amalan sunnah? Dilengkapilah dengan amalan sunnah itu ibadah-ibadah fardhunya, begitu lah seterusnya amalan-amalannya."

Kumpulan Sunnah Nabi Muhammad SAW dikutip dari buku '1000 amalan sunnah dalam sehari semalam' karya Khalid Al Husainan:

  • 1. Sholat Sunnah Rawatib (Qabliyah dan Ba'diyah)

Amalan sunnah Rasulullah setiap hari adalah sholat sunnah rawatib. Sholat ini dikerjakan empat rakaat sebelum Dzuur, dua rakaat sesudahnya, dua rakaat setelah Magrib dan dua rakaat setelah Isya, serta dua sebelum Subuh.

  • 2. Sholat Dhuha

Sholat Dhuha dikerjakan setelah matahari mulai terbit dari seperempat jam setelah terbitnya matahari. Ibadah sunnah detik.com/tag/sunnah ini bisa dilakukan hingga seperempat waktu sebelum sholat Dzuhur.

Dalam hadits riwayat Muslim, dari Abu Dzar RA, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Hendaknya seseorang mengeluarkan sedekah untuk setiap sendi tulangnya pada pagi hari. Maka setiap tasbih itu adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran adalah sedekah. Tetapi untuk menggantikan hal itu, cukup baginya melakukan sholat Dhuha dua rakaat."

  • 3. Sholat Malam

Dalam hadits riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda, "Puasa yang paling afdhal setelah puasa Ramadhan ialah puasa bulan Muharam. Dan sholat yang paling afdal setelah sholat fardhu ialah sholat malam."

Amalan sunnah Nabi Muhammad SAW ini dikerjakan sebanyak 11 atau 13 rakaat paling utama. "Nabi SAW melakukan sholat sejumlah sebelas rakaat. Itu lah sholat beliau." dan "Beliau melaksanakan sholat malam sebanyak tiga belas rakaat."(Hadits riwayat Bukhari)

  • 4. Menggosok Gigi dengan Siwak

Menggosok gigi dengan siwak merupakan amalan sunnah Rasulullah setiap hari. Dari hudzaifah, ia berkata "Nabi SAW jika beliau bangun pada malam hari, beliau menggosok giginya dengan siwak." Dalam riwayat Muslim, "Jika Nabi SAW bangun untuk melaksanakan sholat tahajud, beliau menggosok giginya dengan siwak."

  • 5. Berdoa setelah Wudhu

Dari Umar RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah salah seorang di antara kalian berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, kemudian mengucapkan, 'Asyhadu an laa laaha illallahu wa anna muhammadan 'abduhu wa rasuuluhu' Akan dibukakan untuknya pintu-pintu surga yang delapan, ia dapat masuk dari pintu mana saja yang ia kehendaki."

Sahabat Hikmah, jangan lupa amalkan sunnah nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari hari ya! (pay/erd)