10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga

ADVERTISEMENT

10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga

Tim hikmah detikcom - detikNews
Selasa, 08 Des 2020 20:58 WIB
The inscription Muhammad ,wooden , carved. Architecture in Islam.
Foto: iStock/10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga
Jakarta -

Sebagai muslim yang mencintai Nabi Muhammad, tentu kita ingin mengenal para sahabat yang juga dicintai oleh Beliau. Karena itu sangat penting bagi kita mempelajari tentang sahabat nabi.

Dengan mempelajarinya, kita akan mengenal para sahabat Nabi Muhammad, dapat mengambil pelajaran dari perjuangan yang telah mereka persembahkan untuk Islam dan meneladani sifat-sifat mulia yang mereka miliki.

10 Orang sahabat yang disebut-sebut Nabi dan diberi kabar gembira sebagai penghuni surga, kita akui sebagai penghuni surga berdasarkan persaksian Rasulullah dan perkataan beliau adalah benar.

Dalam buku 'Mengenal Manhaj Salaf untuk Pemula: Setahap demi Setahap
karya Abu Maryam Kautsar Amru disebutkan, mereka adalah Abu Bakar, Umar, Utsman, Ali, Thalhah bin Ubaidillah, Az-Zubeir bin Al Awwam, Sa'ad bin Abi Waqqas, Sa'id bin Zaid, Abdurrahman bin 'Auf, dan Abu 'Ubaidah Al-Jarrah. Semuanya sebagai orang terpercaya umat.

Hal itu juga sesuai dengan hadits Tirmidzi. Rasulullah bersabda:

عَنْ عَبْد الرَّحْمَنِ بْن عَوْفٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَبُو بَكْرٍ فِي الْجَنَّةِ وَعُمَرُ فِي الْجَنَّةِ وَعُثْمَانُ فِي الْجَنَّةِ وَعَلِيٌّ فِي الْجَنَّةِ وَطَلْحَةُ فِي الْجَنَّةِ وَالزُّبَيْرُ فِي الْجَنَّةِ وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَوْفٍ فِي الْجَنَّةِ وَسَعْدٌ فِي الْجَنَّةِ وَسَعِيدٌ فِي الْجَنَّةِ وَأَبُو عُبَيْدَةَ بْنُ الْجَرَّاحِ فِي الْجَنَّةِ . رواه الترمذي

Dari Abdurrahman bin Auf, ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, "Abu Bakar di surga, Umar di surga, Usman di surga, Ali di surga, Thalhah di surga, Zubair di surga, Abdurrahman bin Auf di surga, Sa'ad di surga, Sa'id di surga, Abu Ubaidah bin Jarrah di surga." (HR. At-Tirmidzi).


Berikut 10 sahabat nabi yang dijamin masuk surga dikutip dari buku 10 Sahabat Rasul Penghuni Surga oleh Ariany Syurfah:

1. Abu Bakar Ash-Shiddiq

Abu Bakar Ash-Shiddiw adalah salah seorang sahabat Nabi Muhammad yang memiliki peran besar dan penting dalam dakwah Islam.

Dia telah banyak berkorban jiwa, raga, dan harta bendanya demi Islam.

Ia termasuk assabiqunal awwalun (orang yang pertama kali masuk Islam), yakni orang kedua yang memeluk Islam setelah Khadijah, istri Nabi Muhammad.

Abu Bakar memiliki sifat-sifat mulia, di antaranya lembut hati, setia, dermawan, dan suka menolong. Sifat-sifat itulah yang membuatnya sangat dicintai oleh Rasulullah.

Setelah Rasulullah wafat, Abu Bakar dipilih menjadi khalifah pertama dalam Islam.

2. Umar Bin Khattab

Umar bin Khattab dikenal memiliki ketegasan dan keberanian tinggi. Sebelum masuk Islam, dia menjadi penentang Islam yang sangat keras.

Namun setelah masuk Islam, dia menjadi pembela Islam di barisan terdepan.

Umar bin Khattab merupakan salah satu sahabat yang sangat dekat dan dicintai oleh Nabi Muhammad. Bahkan dia mendapatkan gelar Al Faruq (pembela antara yang benar dan yang salah) dari Rasulullah.

Umar Bin Khattab menjadi khalifah kedua menggantikan Abu Bakar Ash-Shiddiq.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT