Viral Ruang ICU-Isolasi RS COVID-19 di Jakarta Penuh, Begini Faktanya

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 02 Jan 2021 19:26 WIB
Poster
Foto: Edi Wayono
Jakarta - Viral di media sosial kapasitas ruang ICU hingga isolasi di rumah sakit (RS) rujukan virus Corona (COVID-19) di Jakarta penuh. Lalu bagaimana faktanya?

Dalam sebuah postingan di akun Twitter @xurbiaxendless yang dilihat detikcom Sabtu (2/1/2021) akun tersebut mengunggah screenshot percakapan dengan beberapa rumah sakit di Jakarta. Dalam screenshot tersebut, balasan dari salah satu rumah sakit rujukan COVID-19 menyatakan bahwa kapasitas ruang yang dibutuhkan sudah penuh.

"Terimakasih sudah menunggu. Saat ini ruang yang dibutuhkan pasien masih PENUH. Mohon maaf kami belum bisa membantu, jadi pasien TIDAK ACC dirujuk ke RSUP PERSAHABATAN. Mohon untuk TIDAK RUJUK LEPAS PASIEN dengan ambulans ataupun mobil pribadi. Mohon konfirmasi ke RS lain untuk alternatif. Terimakasih mohon kerjasamanya SPGDT RSUP Persahabatan," tulis balasan dalam screenshot percakapan yang diunggah.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Jakarta, Dwi Oktavia menyampaikan total ada 101 rumah sakit rujukan COVID-19 di Jakarta. Hingga saat ini, data ketersediaan ruang isolas sudah terisi sebanyak 86 persen, sementara ruang ICU sudah terisi 78 persen.


"Total di 101 rumah sakit rujukan COVID di Jakarta terbaru per hari ini 2 Januari 2021 Ruang Isolasi kapasitas 7356 terisi 6330, sudah terisi 86 persen. Ruang ICU kapasitas 954 terisi 741, sudah terisi 78 persen," kata Dwi saat dihubungi, Sabtu (2/1/2021).

Dwi menuturkan angka ketersediaan kapasitas ICU dan isolasi masih terbilang tinggi. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan akan penuh karena pasien yang dirawat di UGD banyak yang mengantre untuk mendapat perawatan di ICU.

Lihat berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2