Antisipasi Kerumunan di Malam Tahun Baru, TNI-Brimob Jaga Flyover UI

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Kamis, 31 Des 2020 21:45 WIB
TNI-Brimob jaga flyover UI (Sachril/detikcom)
Foto: TNI-Brimob jaga flyover UI (Sachril/detikcom)
Depok -

Polisi melakukan penyekatan di perbatasan DKI Jakarta untuk menghindari kerumunan di malam tahun baru. Sejumlah aparat melakukan penjagaan di perbatasan Jakarta-Depok.

Pantauan detikcom, Kamis (31/12/2020) sekitar pukul 20.07 WIB, sejumlah personel dari TNI, brimob, Dinas Perhubungan (Dishub) dan damkar sudah melakukan penjagaan di Flyover Universitas Indonesia (UI), atau di perbatasan Depok-Jakarta. Satu unit mobil damkar, dishub, dan mobil pat sepeda motor brimob disiagakan.

Brimob yang berjaga membawa peralatan lengkap, yakni rompi, helm. Beberapa di antaranya memegang senjata gas air mata.

Aktivitas di sekitaran Flyover UI ramai lalu lalang kendaraan. Kendaraan didominasi sepeda motor. Aparat yang berjaga belum memberhentikan kendaraan yang lalu lalang di Flyover UI.

Selain itu, belum terlihat ada pengendara yang ingin konvoi ke Jakarta. Cuaca di sekitar Flyover UI pada malam tahun baru ini gerimis.

Sebelumnya, Polres Metro Jakarta Selatan melakukan penyekatan di beberapa titik menuju Jalan Sudirman, Jakarta, guna menghindari kerumunan pada malam tahun baru 2021. Ada 9 titik yang dilakukan penyekatan ke arah Sudirman.

"Akan dilaksanakan penyekatan arus lalu lintas di wilayah Jakarta Selatan sebanyak 9 titik penyekatan ke arah Jalan Jenderal Sudirman untuk menghindari adanya konvoi dan kerumunan," kata Kapolres Jakarta Selatan Kombes Budi Sartono lewat keterangannya, Kamis (31/12/2020).

Budi mengatakan penyekatan juga dilakukan di wilayah perbatasan. Dia mengimbau masyarakat luar Jakarta agar tidak memasuki Ibu Kota untuk merayakan tahun baru 2021.

"Untuk batas kota ada 3 titik, yaitu Pasar Jumat, Kebayoran Lama; Depan Universitas Budi Luhur, Pesanggrahan; dan Jalan Layang Universitas Indonesia, Jagakarsa. Semua kegiatan penyekatan akan dimulai pukul 20.00 WIB," ujarnya.

"Bagi masyarakat di luar Jakarta antara lain Kota Depok, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan, kami imbau untuk tidak memasuki Kota Jakarta di atas pukul 20.00 WIB apabila tidak ada kepentingan mendesak," ungkapnya.

(sab/isa)