COVID Hunter Patroli Kerumunan Malam Ini, Kapolda Metro: Bandel, Kita Tindak!

Mei Amelia R, Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Kamis, 31 Des 2020 18:02 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran (Foto: Luqman/detikcom)
Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran memimpin apel pengamanan malam Tahun Baru 2021. Fadil mengaku tidak segan-segan membubarkan kerumunan dan menindak masyarakat yang melanggar protokol COVID-19.

Apel pengamanan malam Tahun Baru 2021 berlangsung di Lapangan Promoter, Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (31/12/2020). Peserta apel dihadiri dari unsur gabungan Polri, TNI, dan Satpol PP.

Fadil mengatakan car free night dan crowd free night yang dilaksanakan di Jalan Sudirman-Thamrin dan Banjir Kanal Timur bertujuan mencegah kerumunan selama malam Tahun Baru 2021. "Masyarakat yang memasuki daerah kawasan tersebut kita kendalikan. Jika ada kerumunan akan kita bubarkan," kata Fadil di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (31/12/2020).

Fadil menyatakan warga yang menolak dibubarkan akan dibawa ke Polda Metro Jaya. Nantinya, mereka akan dites rapid atau swab antigen Corona.

"Jika diingatkan tidak mau bubar akan dilakukan penegakan hukum protokol kesehatan dibawa ke Mapolda kemudian dilakukan rapid test dan swab tes antigen. Jika positif akan kita bawa ke RS lapangan maupun RS rujukan," ujar Fadil.

Sementara itu, total ada 5.800 personel yang mengamankan malam pergantian tahun 2020 ke 2021. Mereka akan disebar ke berbagai titik di wilayah DKI Jakarta.

"Jumlah personel yang terlibat sebanyak 5.800 itu yang di lapangan, yang standby dari Kodam jaya ada 3 batalyon pengamanan Ibu Kota dan ada 7 SSK Brimob yang siap di beberapa titik yang kita siagakan," jelas Fadil.

Fadil mengatakan, pergantian tahun baru kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini Indonesia sedang dilanda pandemi COVID-19, sehingga warga diharapkan tidak keluar rumah dan berkerumun merayakan pesta pergantian tahun.

"Konsep pengamanan malam pergantian tahun baru 2020 ke 2021 Polda Metro Jaya yaitu crowd free night dan car free night, sehingga bebas dari kendaraan dan bebas dari keramaian," ujar Fadil Imran kepada detikcom.

Fadil mengatakan, pihaknya menyiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi kerumunan. Salah satunya dengan melakukan patroli skala besar.

Jajaran Polda Metro Jaya akan berpatroli untuk mengawasi warga. Polda Metro Jaya juga akan menurunkan Tim COVID-19 Hunter untuk menindak kerumunan warga.

"Kalau membandel ada Tim Pemburu Pelanggaran Protokol Kesehatan COVID-19 (COVID-19 Hunter)," kata Fadil. (mei/knv)