Timsus Penuntasan Kasus HAM Dibentuk, Kejagung Akan Selesaikan 13 Kasus

Karin Nur Secha - detikNews
Rabu, 30 Des 2020 20:59 WIB
Jampidsus Ali Mukartono
Ali Mukartono (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Kejaksaan Agung (Kejagung) membentuk tim khusus (timsus) untuk mempercepat penuntasan kasus dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat. Kejagung akan menyelesaikan 13 kasus pelanggaran HAM berat yang saat ini masih belum terselesaikan.

"Ya (akan diselesaikan), 9 masa lalu 4 sekarang," ujar Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus, Ali Mukartono di Kejagung, Jalan Sultan Hasanuddin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (30/12/2020).

Ali mengatakan karakter ke-13 kasus tersebut masih akan ditelisik lagi. Jadi nantinya akan diusulkan modal penyelesaian seperti apa.

"Kalau memang tidak bisa ya tidak bisa dipaksakan," lanjutnya.

Dalam pembentukan timsus penuntasan kasus HAM oleh Kejagung ini, Ali menyebutkan tidak ada prioritas dari kasus yang akan diselesaikan. Timsus ini nantinya masih akan terus berkoordinasi lebih lanjut dengan Komnas HAM terkait penyelesaian kasus HAM berat.

"Tidak ada, nah mana yang bisa dikoordinasikan lebih lanjut dengan Komnas HAM nanti biar ketahuan," ujar Ali.

Ali menjelaskan dalam menangani kasus pelanggaran HAM berat, tim khusus ini akan menginventarisasi kembali masalah yang sudah lama. Tim khusus ini masih akan melihat secara menyeluruh masalah satu per satu kasus tersebut.

"Langkah-langkahnya ya menginventarisir kembali problematika yang sudah lama ini dari Jampidsus kan turun-temurun dari Jaksa Agung. Saya kan tidak tau persoalan semua, dari tim ini mau melihat menyeluruh problematikanya apa aja satu per satu kasus," jelas Ali.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2