Blusukan Risma di Kolong Tol, Janji Carikan Rumah dan Ajak Usaha Pecel Lele

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 30 Des 2020 13:43 WIB
Mensos Tri Rismaharini (Risma) berdialog dengan pemulung di kawasan Pramuka, Jakarta Pusat.
Risma berdialog dengan pemulung saat blusukan (Foto: dok: Kemensos)
Jakarta -

Tri Rismaharini atau Risma sudah melakukan blusukan dua kali setelah dilantik sebagai Menteri Sosial (Mensos). Risma menemui pemulung mengajak mereka mengubah nasib melalui usaha dan hidup lebih baik.

Risma mengawali kegiatannya sebagai Mensos pada Senin (28/12) dengan blusukan ke bantaran Kali Ciliwung di belakang Kementerian Sosial (Kemensos), Jakarta Pusat, dan ke Jalan Pramuka Sari II. Risma di sana berbincang-bincang dengan seorang pemulung.

Risma juga menawarkan bantuan kepada pemulung tersebut. Dia berjanji akan mencarikan rumah.

"Bapak-Ibu saya carikan 'rumah', jadi nggak perlu ada biaya ngontrak. Tetap cari sampah seperti ini. Nanti sampah dari Kementerian Sosial bisa untuk Bapak. Sambil saya ajari usaha. Masa mau terus kayak gini, ya. Mau, ya?" ujar Risma seperti dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/12).

Di Jalan Pramuka Sari II, Risma melihat banyak keluarga yang tinggal di kolong jembatan. Dia juga mengajak para gelandangan tinggal di tempat yang lebih baik.

"Bapak-Ibu, saya hanya ingin penjenengan tinggal di tempat yang lebih baik. Ayo, Pak, mau ya, Pak," ajaknya.

Pada hari ini (Rabu, 30/12) Risma pun kembali melakukan blusukan. Risma menyambangi warga yang tinggal di kolong tol Gedong Panjang, Pluit, Jakarta Utara. Hal yang sama juga dilakukan Risma, dia mengajak para pemulung tinggal di tempat lebih baik. Namun, yang berbeda, dalam blusukan kali ini, Risma mengajak ibu-ibu yang tinggal di bawah tol mendirikan usaha pecel lele.

"Bapak-bapak nggak apa cari uang tetap menjadi pemulung. Nanti, ibu-ibu kita ajari cari uang. Di belakang itu ada lele (halaman belakang BRSEGP 'Pangudi Luhur') nanti kita buat pecel lele. Atau buat yang lain. Nanti kita bisa jual, ya, kemarin itu di Balai 'Pangudi Luhur' itu di pinggir jalan gede. Nanti aku yang ngresmikan. Ya, penjenengan percoyo lek aku sing ngresmikan lak akeh sing tuku (Anda semua percaya saja, kalau saya yang meresmikan akan banyak yang membeli)," kata Risma melalui keterangan pers resminya, Rabu (30/12).

Selanjutnya
Halaman
1 2