Round-Up

Wanti-wanti Jokowi Tak Mau Bansos Corona Disunat Lagi!

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 29 Des 2020 20:32 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau penyerahan bantuan tunai kepada sejumlah keluarga penerima manfaat yang digelar di Kantor Pos Jalan Ir. H. Juanda, Kota Bogor, pada Rabu, 13 Mei 2020. Bantuan tunai tersebut diberikan kepada masyarakat agar tetap memiliki daya beli di tengah pandemi Covid-19.
Presiden Jokowi saat meninjau penyerahan bansos. (Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak ingin terulangnya kejadian bansos Corona untuk masyarakat disunat. Jokowi mendorong adanya digitalisasi data bansos.

Rupanya, peringatan ini sudah berulang kali disampaikan Jokowi. Jokowi merujuk pada kejadian bansos Jabodetabek. Untuk itu, Jokowi meminta bansos dikirimkan langsung ke rekening penerima manfaat.

"Ini sudah saya ulang-ulang, jangan sampai ada potongan-potongan apa pun seperti kejadian di bansos Jabodetabek. Betul-betul kirim ke akun, rekening penerima manfaat. Jadi, proses digitalisasi data bansos yang diintegrasikan dengan banking system saya kira itu yang kita inginkan," kata Jokowi dalam rapat terbatas persiapan penyaluran bantuan sosial 2021 di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (29/12/2020).

Untuk 2021, pemerintah menyiapkan anggaran Rp 110 triliun untuk melanjutkan program perlindungan sosial. Dari sejumlah anggaran tersebut, Jokowi memerinci Rp 45,1 triliun disiapkan untuk program kartu sembako yang akan disalurkan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM), masing-masing Rp 200 ribu per bulan.

Kemudian untuk Program Keluarga Harapan (PKH), pemerintah menyiapkan Rp28,7 triliun untuk 10 juta KPM selama 4 triwulan. Selanjutnya, untuk bansos tunai pemerintah menyiapkan Rp12 triliun bagi 10 juta KPM, masing-masing Rp 300 ribu selama 4 bulan.

"Kemudian program Kartu Pra Kerja Rp 10 triliun, bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa Rp 14,4 triliun. Kemudian ditambah dengan diskon listrik selama 6 bulan ini Rp 3,78 triliun," kata Jokowi.

Jokowi menekankan agar bansos tersebut segera disalurkan pada Januari. Simak di halaman berikutnya...

Selanjutnya
Halaman
1 2 3