Round-Up

Potret Survei Capres Terkini yang Rilis Usai Reshuffle Kabinet

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 30 Des 2020 07:03 WIB
Jakarta -

Seminggu setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuffle kabinet, lembaga survei SMRC merilis elektabilitas calon presiden 2024. Ganjar Pranowo menjadi calon teratas dari nama-nama lainnya. Berikut potret hasil survei tersebut.

Survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) ini berlangsung pada 23-26 Desember 2020. Teknis yang digunakan adalah wawancara per telepon kepada 1.202 responden yang dipilih secara acak (random).

Margin of error pada survei ini diperkirakan +/-2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

'Bila pemilihan presiden diadakan sekarang ini, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai Presiden di antara nama-nama berikut?', begitulah pertanyaan yang diajukan pada survei ini. Responden kemudian dipersilahkan memilih sejumlah nama calon yang telah disediakan.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ada pada posisi teratas. Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengikuti.

"Dalam simulasi ini kita menemukan bahwa Ganjar Pranowo saat ini mendapat dukungan 15,7%, lalu Prabowo 14,9%, Anies Baswedan 11, Sandiaga Uno 7,9%, Ridwan Kamil 7,1%, Agus 3,1%, dan Bu Risma 3,1%," kata Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas melalui akun YouTube SMRC TV, Selasa (29/12/2020).

Adapun jumlah responden yang belum menentukan jawaban sekitar 31 persen. Abbas menyebut belum ada calon yang cukup dominan dalam bursa capres ini. Angka tertinggi hanya ada pada 15,7 persen.

"Memang kita melihat belum ada calon yang cukup dominan mendapat dukungan dari masyarakat yang tertinggi baru 15,7 persen. Karena itu, kita mencatat bahwa 4 tahun menjelang Pilpres 2024 ini di mana nanti tidak ada petahana," kata dia.

Daftar nama bursa capres 2024 pada halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2