Sempat Disimpan di Rumah Nelayan, Benda Diduga Drone Dikhawatirkan Berbahaya

Hermawan Mappiwali - detikNews
Selasa, 29 Des 2020 15:40 WIB
Sebuah benda asing mirip rudal dan terpasang kamera ditemukan oleh seorang nelayan, Saeruddin (60), di laut Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Benda itu kini sudah diamankan pihak TNI.
Benda diduga drone ditemukan nelayan di Laut Selayar. (Foto: dok. Istimewa)
Selayar - Benda asing menyerupai rudal diduga kapal nirawak (drone) yang ditemukan di area laut Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, sempat disimpan di kolong rumah nelayan Saeruddin (60) selama sepekan. TNI setempat, Koramil Pasimarannu, kemudian mengamankan benda tersebut karena dikhawatirkan membahayakan warga.

"Jadi tujuan saya mengambil langkah itu, mengamankan jangan sampai benda itu mengandung unsur berbahaya, merugikan masyarakat, makanya saya segera amankan," kata Danramil Pasimarannu Kapten Infanteri Syamsuddin saat dihubungi detikcom, Selasa (29/12/2020).

Kendati mengamankan, pihak Koramil tidak melakukan pemeriksaan terhadap benda asing tersebut. Syamsuddin menyebut pihaknya murni hanya mengamankan karena tak ingin warga salah mengambil tindakan.

"Masyarakat mengambil langkah yang salah, dia bongkar atau dia apa, terjadi hal-hal tidak diinginkan, kita semua disalahkan di sini," ujar dia.

Setelah melaporkan ke pimpinan TNI terkait temuan drone itu, laporan Syamsuddin langsung ditanggapi serius.

"Makanya langsung saya amankan dulu, saya laporkan ke pimpinan atas, ternyata pimpinan atas kan menanggapi dengan serius, harus segera dipindahkan dari situ," katanya lagi.

Meski tidak melakukan pemeriksaan secara detil, Syamsuddin mengakui benda asing tersebut sekilas memang tampak memiliki kamera pada ekor dan bodinya.

"Kamera kalau secara kasatmata memang ada saya lihat, cuma kita tidak bisa pastikan memang kamera atau apa. Cuma kan memang mirip kamera saya lihat, kayak kamera handphone itu," pungkas Kapten Syamsuddin. (hmw/nvl)