Profil Habib Hasan Assegaf Pasuruan, Kiai Istiqomah dan Wira'i

Rosmha Widiyani - detikNews
Senin, 28 Des 2020 19:22 WIB
Habib Hasan Assegaf Pasuruan wafat, ribuan pelayat hadiri pemakaman
Foto: Muhajir Arifin/Profil Habib Hasan Assegaf Pasuruan, Kiai Istiqomah dan Wira'i
Jakarta - Peristiwa wafatnya Habib Hasan Assegaf Pasuruan atau Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf masuk Google Trend, Senin (28/12/2020). Hal ini tidak mengherankan, ulama sepuh ini memang dikenal dekat dengan jamaah.

Saat meninggal pada Minggu (27/12/2020), ribuan pelayat ikut dalam proses pemakaman dan sholat jenazah. Dikutip dari situs PWNU Jatim, Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf dimakamkan di Maqbarah komplek Masjid Al-Anwar, Kota Pasuruan.

"Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf sangat dekat dengan umat dan masyarakat Pasuruan. Sosok habib sepuh yang istiqamah dan wira'i," tulis situs PWNU Jatim dilihat detikcom pada Senin (28/12/2020).

Habib Hasan Assegaf merupakan ayah dari Habib Abubakar Assegaf, Wakil Rais Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Pasuruan. Selain itu Habib Hasan juga mertua dari Habib Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf, Mustasyar PCNU Pasuruan.

"Atas nama Pribadi & Keluarga, kami harurkan terimakasih kpd semua yang telah menyampaikan Ta'ziah & doa utk ayahanda kami : Alwalid Alhabib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf. Semoga dibalas oleh Allah SWT dg kebaikan berlipat ganda & mohon maaf jika tak dapat menjawab 1 per 1," tulis Habib Abubakar Assegaf dalam akun Twitternya @abubakarsegaf.

Pemakaman Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf juga dihadiri ulama dan aktivis Islam di Pasuruan, Jawa Timur. Berbagai doa dipanjatkan pada Allah SWT supaya Kiai mendapat tempat teraik di sisi Allah SWT.

Ustadz Habib Muhammad Al-Habsyi mendoakan supaya semua amal saleh Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf diterima Allah SWT. Ustadz juga berdoa Allah SWT mengampuni dosa sang habib diampuni, serta keluarga yang ditinggalkan selalu tabah dan ikhlas.

Doa serupa juga dipanjatkan aktivis NU Hakim Jayli untuk Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf. Dia berharap, semua waktu yang digunakan kiai untuk menggaungkan tahlil dan sholawat menjadi amal jariyah di akhirat.

Selain dekat dengan masyarakat, Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf bukan sosok asing bagi pemerintahan. Sang habib yang kerap memimpin bacaan Yasin Tahlil ini sempat menghadiri acara bersama pemerintahan Kota Pasuruan.

Dikutip dari situs Kota Pasuruan, ada tiga acara yang sempat dihadiri Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf. Ketiganya mendaulat sang habib sebagai pembaca doa atau Tahlil Yasin.

Acara yang sempat dihadiri Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf:

1. Haul KH Abdul Hamid ke-39 tahun 2020

Selain Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf, acara ini juga dihadiri Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin. Acara digelar virtual akibat pandemi COVID-19 di seluruh dunia.

Saat itu Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf membaca Yasin dan Tahlil serta doa. Agenda ini juga dihadiri Ketua DPD RI Ir. La Nyalla Mattalitti, KH. Musthofa Bisri, KH. Ahmad Bahauddin Nur Salim (Gus Baha').

2. Haul Sayyid Hasan Sanusi (Mbah Slagah) tahun 2019

Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf menghadiri acara ini bersama Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo. Sang habib didapuk sebagai pembaca doa di akhir acara yang dihadiri semua unsur pemerintahan Kota Pasuruan.

Sayyid Hasan Sanusi (Mbah Slagah) adalah mubaligh dan mujahid legenda Kota Pasuruan. Dia aktif mempertahankan kemerdekaan dan menyebarkan Islam di wilayah tersebut, hingga mendapat sebutan macan putih.

3. Peringatan 40 hari meninggalnya Habib Umar bin Abu Bakar Al-Muhdlor Pasuruan tahun 2020

Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf kembali hadir bersama unsur pemerintahan dan para habib di Kota Pasuruan. Dalam acara ini, sang habib kembali berperan sebagai pembaca doa setelah sebelumnya diisi ceramah.

Rangkaian acara dilaporkan berjalan lancar yang diakhiri silaturahim di rumah Habib Umar bin Abu Bakar Al-Muhdlor. Habib Umar adalah pengasuh Pondok Pesantren Riyadlul Jannah (Pondok Wungu) Rogoitan Pohjentrek. (row/pal)