Blak-blakan Sandiaga S. Uno

Bukan Sandiaga dan Erick yang Bercita-cita Jadi Presiden, tapi...

Sudrajat - detikNews
Senin, 28 Des 2020 14:14 WIB
Jakarta - Tiga orang yang telah berteman sejak 30 tahun lalu kini duduk dalam kabinet pemerintahan Joko Widodo-KH Maruf Amin. Dari ketiganya, Sandiaga Uno, Erick Thohir, dan M Lutfi ternyata cuma seorang yang pernah bercita-cita menjadi presiden. Siapa dia?

"Kami enggak pernah berkhayal akan bekerja di pemerintahan. Sejak awal saya fokus ingin jadi investment banker, Erick Thohir dari muda sudah jadi entrepreneur," tutur Sandiaga S Uno yang baru terpilih menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Blak-blakan di detikcom, Senin (28/12/2020).

Dia menyebut cuma M Lutfi yang pernah punya cita-cita menjadi presiden. "Dia kan punya potongan: keren, tinggi, ganteng, jago pidato," imbuh Sandiaga.

Sewaktu masih menjadi mahasiswa di Amerika Serikat, dia melanjutkan, sohibnya yang baru dilantik menjadi Menteri Perdagangan itu pernah menjabat ketua atau pengurus Permias (Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat). Lutfi yang kuliah di New York University rajin berkampanye ke beberapa negara bagian.

"Jadi yang serius punya cita-cita jadi pemimpin masa depan ya M Lutfi. Sama sekali kami gak kepikir seperti sekarang. Waktu itu kan usia kami masih sangat muda, 20-an tahun," kata Sandiaga.

Sesungguhnya, selain ketiganya, sobatan dengan dua orang lain, yakni Rosan Perkasa Roslani dan Indra Uno, kakak Sandiaga. Mereka sudah berteman sejak SMA dan punya hobi yang sama: bermain basket. Rosan kini menjadi Ketua Umum KADIN, dan Indra menjadi komisaris di sejumlah perusahaan.

Soal kesaksian Sandiaga, M Lutfi cuma berkomentar singkat melalui WhatsApp, "Kacau ini Sandi. Terima kasih, Mas."

Untuk diketahui, Lutfi pernah menjadi Ketua Umum Hipmi pada 2001-2004, lalu diangkat menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (2005-2009), Duta Besar RI untuk Jepang (Agustus 2010-Februari 2014), dan Menteri Perdagangan (14 Februari 2014-27 Oktober 2014).

Sebelum dilantik Presiden Jokowi menjadi Menteri Perdagangan pada 23 Desember, M Lutfi sempat bertugas sebagai Duta Besar RI untuk Amerika Serikat sejak 14 September 2020. (jat/jbr)