Round-Up

Gempar Pelemparan Molotov ke Masjid di Cengkareng Jakbar

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 27 Des 2020 21:31 WIB
Kondisi Masjid di Cengkareng Usai Pelemparan Molotov (Afzal-detikcom)
Foto: Kondisi Masjid di Cengkareng Usai Pelemparan Molotov (Afzal-detikcom)
Jakarta -

Jemaah Masjid Al-Istiqomah, Jalan Kamal Raya, Cengkareng, Jakarta Barat, digegerkan dengan aksi seorang pria berinisial D (56) yang melempar molotov ke pekarangan masjid. Hingga akhirnya polisi melakukan penahanan terhadap D.

Peristiwa itu terekam di CCTV masjid, detikcom berkesempatan mendapat rekaman CCTV dari salah satu pengurus Masjid Al Istiqomah yang ditemui. Dalam rekaman CCTV yang berdurasi 1,42 menit itu, terlihat jelas detik-detik peristiwa aksi pria berinisial D itu.

Dalam rekaman CCTV menunjukkan pukul 19.38 WIB awalnya jemaah berdatangan ke masjid. Satu menit kemudian, pukul 19.39 WIB dan pada detik 00.41 rekaman terlihat ada sesuatu yang berapi-api diduga molotov dilempar oleh seseorang dari luar ke pekarangan masjid yang isinya ada motor-motor jemaah terparkir di situ.

Api itu juga terlihat hampir mengenai salah satu jemaah. Namun jemaah itu berhasil menghindari molotov yang masih berapi-api.

Api terlihat terus berkobar dan sempat membesar hampir mengenai motor salah satu anggota jemaah masjid. Jemaah pun dengan sigap memadamkan api yang hendak membesar. Pada menit 01.10, api yang tadinya sempat membesar akhirnya padam.

Pasca-pelemparan molotov itu, beberapa bagian bangunan masjid terlihat ada yang rusak karena terbakar. Terlihat dinding menara masjid yang dasarnya putih menghitam karena sempat terkena kobaran api yang dilempar D.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Teuku Arsya Khadafi membenarkan adanya kejadian itu. Arsya mengatakan, pelaku telah diamankan polisi.

"Pelaku sudah diamankan. Masih kami lakukan pendalaman," kata Kompol Arsya saat dihubungi detikcom, Sabtu (26/12).

Polisi menyebut ada beberapa saksi mata yang melihat kejadian tersebut. Salah satu saksi mengatakan D melemparkan botol berisi bensin yang sudah terbakar ke arah masjid.

"Ada saksi yang melihat yang bersangkutan lempar botol isi bensin yang terbakar ke arah masjid," jelasnya.

Selanjutnya tentang kejiwaan pelaku >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2