Nabi Muhammad SAW Paling Takut Satu Hal Ini Akan Terjadi Pada Umatnya

Erwin Dariyanto - detikNews
Sabtu, 26 Des 2020 20:16 WIB
One day One Hadits
Nabi Muhammad SAW Paling Takut Hal Ini Terjadi Pada Umatnya (Ilustrasi: Foto: Andhika A/detikcom)
Jakarta -

Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam begitu mencintai umatnya. Hingga di saat menjelang akhir hayatnya, sang penghulu Rasul itu tetap memikirkan nasib umatnya.

Bahkan ketika merasakan dahsyatnya rasa sakit sakaratul maut, Rasulullah masih sempat berdoa untuk keselamatan umatnya. "Ya Allah, dahsyat sekali maut ini. Timpakan saja semua siksa maut ini kepadaku. Jangan (timpakan) kepada umatku," doa Nabi Muhammad SAW.

Saat tubuh sang kekasih Allah SWT kian melemah, bibirnya masih bisa bergerak. Kepada Ali bin Abi Thalib, sepupu juga menantunya, Rasulullah meninggalkan 'wasiat, "Peliharalah shalat dan peliharalah orang- orang yang lemah di antara kalian, Ummati...ummati..ummati." Nabi Muhammad SAW wafat pada 8 Juni 632 di Madinah dalam usia 63 tahun.

Selama hidup, Rasulullah SAW pernah menyampaikan kekhawatirannya tentang sesuatu yang akan terjadi pada umatnya nanti. Pertama seperti dikutip dari Kitab Maraqi Al-'Ubudiyyah karya Syekh Nawawi Al-Bantani, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Aku lebih mengkhawatirkan apa yang akan terjadi pada kalian daripada kekhawatiranku pada dajjal."

Salah seorang sahabat kemudian bertanya, "Apakah itu, wahai Rasulullah?"

Rasulullah SAW bersabda,"Ulama yang buruk."

Menurut Syekh Nawani Al Bantani, maksud dari kalimat, ulama yang buruk itu adalah orang munafik yang memiliki banyak ilmu di bibir tetapi tidak mengamalkan ilmunya. "Ia (ulama yang buruk) mengajak manusia ke jalan Allah padahal ia memperdaya dan menipu mereka," tulis Syekh Nawawi Al Bantani dalam Kitab Maraqi Al-'Ubudiyyah seperti dikutip Tim Hikmah detikcom.

Disebutkan juga dalam hadits riwayat Imam Ahmad bin Hanbal dari Umar bin Khattab, Nabi Muhammad SAW bersabda,"Sesungguhnya apa yang paling aku takutkan pada umatku adalah orang munafik yang alim secara lisan."

Ada juga sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal dan ath-Thabrani dari Abu Darda, Rasulullah SAW bersabda,"Sesungguhnya apa yang paling aku takutkan pada umatku adalah para ulama yang menyesatkan."

Syekh Nawawi Al Bantani mengatakan, dajjal muncul untuk menyesatkan manusia sama seperti ulama yang buruk. Di satu sisi ulama yang buruk ini melalui lisannya menyeru manusia untuk berpaling dari sikap mencintai dunia. Namun di sisi lain melalui tindakan dan perilakunya si ulama ini justru mengajak umat untuk mencintai dunia.

Nabi Muhammad SAW khawatir adanya ulama yang buruk dan menyesatkan di tengah umatnya.

(erd/row)