Gerindra: Izin Jokowi ke Risma Bukan Rangkap Jabatan, Tapi Selesaikan Urusan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 26 Des 2020 12:30 WIB
Ketua DPP Gerindra Sodik Mudjahid
Sodik Mudjahid (Foto: dok. pribadi)
Jakarta -

Anggota Komisi II DPR RI Fraksi Gerindra Sodik Mudjahid mengatakan izin lisan yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Mensos Tri Trismaharini bukan bertujuan untuk rangkap jabatan. Dia menilai Risma diberi kesempatan untuk menyelesaikan urusan terkait serah-terima jabatan sebagai Wali Kota Surabaya.

"Soal izin lisan dari Presiden Jokowi kepada Mensos Risma untuk sementara bolak-balik Jakarta-Surabaya, saya yakin maksud Presiden bukan untuk bertindak rangkap jabatan dan bekerja masih sebagai wali kota, tapi untuk menyelesaikan urusan urusan seperti serah-terima jabatan, pemindahan barang-barang pribadi dari ruang kerja wali kota, meninggalkan rumah dinas, dan lain-lain," kata Sodik kepada wartawan, Sabtu (26/12/2020).

Sodik mengatakan, dalam aturan perundang-undangan, menteri dilarang merangkap jabatan. Hal itu diatur dalam UU Nomor 39 Tahun 2018 tentang Kementerian Negara.

"UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan UU No 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara dengan tegas menyebutkan tidak boleh ada rangkap jabatan pejabat negara," katanya.

Lebih lanjut Sodik juga menanggapi keinginan Risma untuk meresmikan beberapa situs kebudayaan di Surabaya. Dia menyebut keinginan Risma itu bisa dibicarakan dengan Plt Walkot Surabaya Whisnu Sakti Buana.

"Soal keinginan Risma sebagai mantan Wali Kota untuk meresmikan beberapa situs, seperti jersey Rudi Hartono dan Alan Budikusuma, saya pikir bisa dibicarakan dengan mantan Wakil Wali Kota yang sekarang jadi Wali Kota," tutur dia.

"Saya pikir Wali Kota baru dengan bijaksana dan rendah hati bisa menyerahkan peresmian dua situs (yang sangat disukai Risma tersebut) kepada Risma sebagai mantan Wali Kota atau tokoh atau sebagai warga kehormatan Surabaya," sambungnya.

Simak video 'Mensos Risma Targetkan Bansos Tuntas Akhir Desember':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2