Urban Legend

Misteri Perempuan Berbaju Rapi di TPU Pondok Ranggon

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 25 Des 2020 22:04 WIB
TPU Pondok Ranggon selama ini menyediakan lahan khusus untuk pemakaman jenazah terkait COVID-19. Kini lahan pemakaman di TPU tersebut kian penuh.
Foto: TPU Pondok Ranggon (Rengga Sancaya)
Jakarta -

Jakarta memiliki sejumlah tempat pemakaman umum (TPU) yang sarat dengan cerita misteri. Salah satunya yang terkenal adalah TPU Pondok Ranggon.

Dikutip dari laman Jakarta.go.id, TPU Pondok Ranggon, merupakan salah satu tempat pemakaman umum di wilayah Jakarta Timur yang memiliki lahan yang cukup luas untuk pemakaman warga DKI Jakarta. Lahan seluas 62 hektar ini terbagi menjadi beberapa blok pemakaman (diantaranya yaitu Blok AA I, Blok AA II, Blok A I, Blok A II, Blok A III, Blok A IV, Blok A V, Blok A VI, dan Blok A VII).

Selain menjadi tempat peristirahatan bagi warga DKI Jakarta dan sekitarnya, TPU Pondok Ranggon juga menjadi tempat peristirahatan bagi mereka yang menjadi korban Tragedi Mei 1998.

Di bagian tengah TPU, tepatnya di Blad 27, Blok AAI terdapat 213 makam yang hanya ditandai dengan nisan tanpa nama jenazah dan bertuliskan Korban Tragedi Mei 1998.

Pada bagian makam korban Tragedi Mei 1998 TPU Pondok Ranggon ini terdapat sebuah Monumen, didirikan oleh Pemprov DKI Jakarta yang bekerjasama dengan Komnas Perempuan, yaitu Monumen Prasasti Mei 1998 Pondok Ranggon. Monumen prasasti dengan simbol jarum yang sedang menjahit kain ini dibuat oleh Awan Simatupang. Diresmikan pada hari Rabu, 13 Mei 2015.

Namun, di balik cerita sejarahnya, TPU ini juga kerap diisukan sarat dengan cerita mistis. Dikutip dari buku '666 Misteri Paling Heboh: Indonesia & Dunia', cerita-cerita mistis itu datang dari warga sekitar. Warga disebut sering mendengar suara tangisan dan rintihan sedih. Namun, asal suaranya tak diketahui.

Buku itu juga menuturkan, TPU ini kerap menerima jenazah yang tak jelas asal-usulnya. Hal inilah yang dianggap membuat TPU itu menjadi angker.

Ada pula cerita tentang perempuan berbaju rapi yang naik taxi. Seorang supir taxi mengantar seorang perempuan cantik yang berpakaian rapi. Sang supir awalnya tak curiga. Namun, di tengah perjalanan dia tertidur. Tahu-tahu dia sudah ada di TPU Pondok Ranggon dan perempuan itu menghilang.

Selanjutnya
Halaman
1 2