Langgar Aturan Resepsi, Hotel Samala Jakbar Disegel-Denda Rp 50 Juta

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 25 Des 2020 07:42 WIB
Hotel di Jakarta Barat disegel (Dok Istimewa)
Hotel di Jakarta Barat disegel (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Hotel Samala di Cengkareng, Jakarta Barat, disegel dan denda Rp 50 juta oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta. Masalahnya, pihak hotel melanggar soal resepsi dan menciptakan kerumunan.

"Iya, Pak, (Samala). Kami menyegel bersama Tim Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) Dinas Parekraf Provinsi DKI Jakarta, pada hari Selasa tanggal 22 Desember 2020," ucap Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Dedi Sumardi saat dihubungi, Rabu (23/12/2020).

"Hotel Samala telah mengadakan kegiatan resepsi dan kegiatan pertemuan lainnya yang mengakibatkan terjadinya kerumunan massa dan melanggar prokes pada masa PSBB transisi," ujarnya.

Dinas Parekraf memberikan sanksi penutupan atau segel sementara sampai 25 Desember di area ballroom hotel. Selain itu, pihak hotel didenda Rp 50 juta.

"Kami, Dinas Parekraf DKI, memberikan sanksi administrasi dengan melakukan penutupan sementara atau memasang segel terhadap ballroom Hotel Selama 3 hari, juga memberikan sanksi denda Rp 50 juta," kata Dedi.

Selain itu, pihak hotel telah membuat pernyataan akan mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

"Pihak manajemen diminta membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi kesalahan serupa dan akan mematuhi protokol kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku. Manajemen juga diminta untuk memberdayakan Tim Penanganan COVID internal hotel," ujarnya.

Berdasarkan aturan, hotel yang ingin mengadakan resepsi harus memiliki izin dengan memberikan pengajuan kepada Dinas Parekraf. Namun Hotel Samala tidak memiliki izin mengadakan resepsi.

"Yang ada baru izin untuk akad nikah, dengan pemberkatan maksimal 30 orang. Untuk workshop, meeting, seminar maksimal 50 persen dari kapasitas. Dengan menerapkan standar protokol lainnya sesuai ketentuan," katanya.

(aik/isa)