Polres Pelabuhan Tj Priok Bagi Sembako hingga Panen Ikan di Kampung Tangguh

Herianto Batubara - detikNews
Kamis, 24 Des 2020 20:59 WIB
Polres Pelabuhan Tanjung Priok (ist)
Polres Pelabuhan Tanjung Priok panen lele bareng warga di Kampung Tangguh. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Kehadiran Kampung Tangguh Jaya di wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Priok, tepatnya di Rusun Buddha Tzu Chi, Muara Angke, disambut baik masyarakat sekitar. Mereka antusias mengikuti pembagian sembako hingga pemberian pelayanan kesehatan kepada warga oleh polisi.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Ahrie Sonta menjelaskan kegiatan ini dalam rangka menyukseskan program kerja Kapolda Metro Jaya guna mewujudkan Kampung Tangguh di setiap wilayah hukum Polda Metro Jaya. Kegiatan ini juga dalam rangka mendukung pelaksanaan Operasi Lilin Jaya 2020 yang sedang berlangsung.

"Nama Kampung Tangguh diambil karena sesuai dengan tujuannya, yaitu untuk menciptakan suasana dan kebiasaan baik di tengah masyarakat itu sendiri guna secara sadar berpartisipasi terhadap keamanan lingkungannya," kata Ahrie kepada wartawan, Kamis (24/12/2020).

Polres Pelabuhan Tanjung Priok (ist)Kampung Tangguh Polres Pelabuhan Tanjung Priok (Foto: dok. Istimewa)

"Tentunya yang tidak kalah penting, kegiatan ini sejalan dengan Operasi Lilin Jaya 2020 yang disertai operasi kemanusiaan mengajak masyarakat untuk ikut aktif mendisiplinkan protokol kesehatan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19 di wilayah tersebut," sambungnya.

Ahrie mengatakan kehadiran polisi lewat Kampung Tangguh Jaya sebagai wujud kehadiran negara di tengah masyarakat dalam memberikan pelayanan yang profesional. Dia menyebut butuh peran serta semua pihak untuk bahu-membahu agar pandemi COVID-19 ini cepat berlalu.

Polres Pelabuhan Tanjung Priok (ist)Pembagian sembako untuk masyarakat (Foto: dok. Istimewa)

"Pemulihan situasi nasional di tengah pandemi ini memerlukan dukungan penuh dari setiap elemen masyarakat itu sendiri serta dapat menjadi garda terdepan dalam pencegahan penyebaran virus COVID-19 dimulai dari lingkungan terkecil sampai dengan skala yang lebih besar lagi. Semua itu demi terwujudnya Indonesia yang maju," ujar Ahrie Sonta.

Kapolsek Kawasan Sunda Kelapa AKP Slamet Riyanto menambahkan, kegiatan pelayanan kesehatan dalam rangka penguatan masyarakat di tengah situasi pandemi COVID-19 ini rutin dilakukan. Hari ini, misalnya, polisi melaksanakan rapid test, pembagian suplemen serta obat-obatan secara gratis kepada seluruh warga Rusun Buddha Tzu Chi.

Polres Pelabuhan Tanjung Priok (ist)Pemeriksaan kesehatan hingga rapid test untuk warga (Foto: dok. Istimewa)

"Kegiatan yang dilakukan pada hari ini di Kampung Tangguh Jaya Rusun Buddha Tzu Chi salah satu tujuannya juga untuk menciptakan social bonding dan empathy building untuk semakin meningkatkan rasa percaya masyarakat terhadap kehadiran polisi dalam memberikan rasa aman dan nyaman di tengah-tengah setiap aktivitasnya," jelas AKP Slamet.

"Partisipasi aktif masyarakat dalam hal ini, selain membantu pembuatan bilik-bilik cuci tangan yang ditempatkan di beberapa lokasi rusun, juga dilakukan penyemprotan cairan desinfektan secara rutin oleh warga masyarakat di sini," sambung AKP Slamet.

Baca halaman selanjutnya aksi polisi akrab panen ikan bersama warga di Kampung Tangguh

Selanjutnya
Halaman
1 2