Begini Cara Polisi agar Tak Ada Kerumunan di Tes Swab Antigen di St Pasar Senen

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Kamis, 24 Des 2020 18:17 WIB
104 Warga Jalani Rapid Test Swab Antigen

Warga mengikuti tes swab rapid tes antigen di Walikota Jakarta Timur, Jakarta, Rabu (16/12/2020). Sebanyak 104 warga menjalani rapid tes swab antigen. hw
Ilustrasi swab antigen (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya menyiapkan pos pelayanan operasi kemanusiaan untuk tes swab antigen gratis di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Polisi juga menyiapkan cara agar tidak timbul kerumunan saat tes swab antigen gratis.

"Memang tadi dapat kunjungan Pak Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya ke Stasiun Senen, biar kita hindari kerumunan, kita ubah teknisnya, kita kasih kupon, tetap dapat kupon supaya physical distancing-nya tetap terjaga," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (24/12/2020).

Yusri mengatakan pihaknya menggunakan kupon untuk menghindari kerumunan saat antrean. Selain itu, pihaknya menempatkan petugas keamanan untuk mempercepat pelayanan.

"Kemudian ditambah petugas-petugasnya untuk menghindari kerumunan, mempercepat layanan yang kita berikan," ujarnya.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman menyambangi Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Keduanya memantau langsung pelaksanaan tes swab antigen gratis yang diselenggarakan Polri dan TNI.

"Saya dengan Kapolda meninjau tempat di Stasiun Pasar Senen. Di sini Polda Metro Jaya dan Pangdam Jaya menempatkan pos kesehatan dengan menggunakan swab antigen," kata Dudung melalui keterangan tertulis, Kamis (24/12/2020).

Dudung menilai biaya tes swab antigen yang ada saat ini cukup membebani masyarakat. Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya memberikan tes swab antigen secara gratis kepada masyarakat.

Sementara itu, Fadil mengatakan calon penumpang hanya perlu menunjukkan KTP dan tiket kereta untuk melakukan tes swab antigen. Pihaknya juga tidak membatasi adanya kuota.

Tes swab antigen gratis ini bakal berlangsung di Stasiun Pasar Senen hingga 4 Januari 2021. Fadil menyebut hal ini dilakukan sebagai upaya memutus penyebaran COVID-19.

Polda Metro juga menyiapkan penjagaan di perayaan Natal. Berita selengkapnya di halaman berikutnya>>

Selanjutnya
Halaman
1 2