Polisi Tangkap 2 Begal Sepeda Bawa Celurit di Bekasi

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Kamis, 24 Des 2020 14:00 WIB
Ilustrasi begal sepeda
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Aksi begal sepeda dengan membawa celurit terjadi di sekitar Grand Kamala Lagoon, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Polisi berhasil menangkap dua pelaku begal berinisial MF dan AS.

"Pelakunya sudah berhasil ditangkap berkat bantuan dari sekuriti juga yang mengetahui pelat nomor, jenis motor, dan ciri-ciri pelaku pada saat itu. Pelaku inisial MF dan AS," kata Kanit Reskrim Polsek Bekasi Selatan Iptu Roy Mastur Situmorang saat dihubungi, Kamis (24/12/2020).

Roy mengatakan peristiwa begal ini terjadi pada Selasa (22/12) lalu sekitar pukul 06.00 WIB. Korban berinisial L tertinggal dari rombongannya dan dipepet pelaku yang mengacungkan celurit.

"Kronologinya, ketika korban sedang naik sepeda, memang dia agak terpisah dari temannya. Kan ada grup sepeda-sepeda mahal, terus dia terpisah. Terus dipepet dua orang pelaku naik motor, salah satunya yang di belakang bawa senjata tajam, bentuknya celurit, sambil diacung-acungkan sambil teriak, 'Hayoloh, hayoloh, hayoloh! Minggir lu!'," jelas Roy.

Korban tetap berusaha mengayuh sepedanya mendekati rombongan. L akhirnya terjatuh dan pelaku sempat nyaris membawa sepeda korban.

"Dihampiri sempat sama pelaku, tapi terjatuh. Itu sudah terlihat teman-temannya agak ramailah ada orang, akhirnya pelaku tidak membacok dia malah sempat mengangkat sepedanya, mau ambil. Ketika sudah diangkat sepedanya korban teriak 'Begal, begal!'. Akhirnya mungkin dia panik, dilepaskan sepedanya itu terus mereka kabur," ujar Roy.

Polisi akhirnya menangkap dua pelaku berkat bantuan sekuriti yang melihat pelat nomor kendaraan dan mengetahui ciri-ciri pelaku. Pelaku saat ini ditahan di Mapolsek Bekasi Selatan.

Kedua pelaku disangkakan Pasal 365 juncto 53 dengan ancaman 9 tahun penjara.

(ibh/ibh)