Deklarator Cerita Detik-detik Ledakan Petasan di Depan Kantor KAMI

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 23 Des 2020 19:25 WIB
Ledakan terjadi di kantor KAMI Menteng, Jakpus
Ledakan terjadi di depan kantor sekretariat KAMI di Menteng, Jakpus. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Sebuah ledakan terjadi di depan kantor sekretariat Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, siang tadi. Deklarator KAMI berbicara soal sebelum ledakan terjadi.

Salah seorang deklarator KAMI, Ahmad Yani, mengkonfirmasi perihal ledakan tersebut. Dia menyebut seperti terdengar suara ledakan petasan di depan kantor sekretariat KAMI.

"Ternyata setelah saya cek kembali dengan sekuriti kantor, staf kantor, tidak mengetahui, karena kejadian di luar pagar kantor, dan menurut sekuriti, ada terdengar suara petasan di luar pagar kantor," kata Yani saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (23/12/2020).

Terpisah, deklarator KAMI lainnya, Marwan Batubara, juga membenarkan perihal ledakan tersebut. Menurut Marwan, ledakan terjadi sebelum pukul 12.00 WIB.

"Saya memang nggak terlalu ini ya, nggak terlalu banyak tahu detail, karena memang disebutkan ada yang lempar dari luar. Tapi ya nggak sampai ke ini ya (ke dalam kantor). Ini kan waktunya (kejadian) kira-kira pukul 11.30-an WIB," sebut Marwan.

Marwan menyebut ada staf sekretariat KAMI yang sempat melihat dua orang seperti sedang mengamati kondisi kantor. Tak lama setelah itu, sebut dia, baru terdengar ledakan.

"Jadi ada orang di depan kantor KAMI itu yang mondar-mandir, ya di depan pagar. Mereka mungkin mau ini ya, mau lihat situasi kantor. Satu di motor, satu lagi bolak-balik melihat situasi kantor," cerita Marwan.

"Terus nggak lama melempar bahan ledakan ke dalam kantor. Tapi, karena ada angin atau pagar ya, jadi bahan ledakan itu terhalang oleh pagar, kayanya begitu," imbuhnya.

Marwan memastikan tidak ada bagian kantor yang rusak akibat ledakan tersebut.

Diberitakan sebelumnya, sebuah ledakan terjadi di kantor KAMI di Jl Dr Kusumaatmaja, Menteng, Jakpus. Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto mengatakan bahwa ledakan itu diduga berasal dari sebuah petasan.

"Analisis kami petasan," ucap Heru saat dihubungi detikcom, Rabu (23/12).

Polsek Menteng Jakarta Pusat menyelidiki penyebab ledakan tersebut. "Sedang diselidiki," kata Kapolsek Menteng Kompol Iverson Manossoh.

Simak video 'Gatot Nurmantyo: TNI Terlihat Seperti Era Orde Baru':

[Gambas:Video 20detik]

(zak/fjp)