2 Warga Papua yang Jenazahnya Dibakar Oknum TNI Sempat Dicurigai Anggota KKB

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Rabu, 23 Des 2020 16:50 WIB
Ilustrasi fokus (bukan buat insert) 31 Pekerja Proyek Trans Papua Dibunuh (Luthfy Syahban/detikcom)
Foto: Ilustrasi (Luthfy Syahban/detikcom)
Jakarta -

Dua jenazah warga Papua di Sugapa meninggal karena adanya tindak berlebihan dari oknum TNI AD. Kedua warga Papua itu sempat dicurigai bagian dari kelompok kriminal bersenjata (KKB) oleh sejumlah oknum TNI AD itu.

"Tanggal 21 April 2020 Satuan Yonif Para Raider 433/JS Kostrad saat melaksanakan sweeping mengamankan 2 orang dicurigai sebagai kelompok kriminal bersenjata (KKB)," kata Danpuspomad, Letjen Dodik Widjanarko dalam konferensi pers, di gedung Puspomad, Jalan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2020).

Kedua warga tersebut atas nama Luther Zanambani dan Apinus Zanambani. Karena dicurigai anggota KKB, kedua warga tersebut dibawa ke Koramil 1705-11/Sugapa, Kodim 1705/Paniai, untuk diinterogasi.

Saat diinterogasi, kedua warga Papua itu mendapatkan tindakan berlebihan dari oknum TNI AD. Akibatnya, satu orang meninggal dan satu orang lagi mengalami kritis.

"Mereka pun diinterogasi di Koramil Sugapa dan mendapatkan tindakan berlebihan di luar kepatutan. Akibatnya saudara Apinus Zanambani meninggal dunia dan saudara Luther Zanambani dalam kondisi kritis," ujar Dodik.

Korban atas nama Luther Zanambani akhirnya tak selamat dan turut meninggal. Untuk menghilangkan jejak, sejumlah oknum TNI AD tersebut membakar kedua jenazah korban.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2