Mensos Risma Targetkan Seluruh Bansos Tuntas Akhir Desember

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 23 Des 2020 15:26 WIB
Tri Rismaharini resmi menjadi Menteri Sosial usai serah-terima jabatan dari Muhadjir Effendy, yang didapuk menjadi menteri ad interim. Saat sertijab itu, Risma tampak anggun mengenakan kebaya berwarna merah.
Tri Rismaharini (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Tri Rismaharini resmi menjadi Menteri Sosial RI. Dalam pidatonya, Risma menargetkan seluruh bantuan sosial (bansos) cair 100 persen pada akhir 2020.

"Tadi Bapak Presiden pesan, kita yang terutama triwulan 4, bantuan itu harus selesai, selesai ini sudah minggu terakhir," ujar Risma dalam acara sertijab Mensos yang disiarkan langsung oleh akun YouTube Kemensos RI, Rabu (23/12/2020).

Dengan demikian, Risma memiliki waktu 8 hari untuk mencairkan seluruh Bansos tahun ini. Selain itu, Bansos untuk Januari, kata Risma, harus 100 persen cair.

"Terus untuk 2021 awal Januari, itu juga harus selesai, jadi minggu pertama bulan Januari, karena digunakan untuk supaya ada perputaran uang untuk menggerakkan ekonomi," imbuh Risma.

Penyaluran bansos akan dilakukan secara tepat lewat pendataan yang baik, bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri.

"Kita akan lakukan dengan transparan, tidak ada lagi cash, tunai dalam bentuk apa pun. Tapi kami akan gunakan semua transaksi secara elektronik," kata Risma soal rencananya ke depan, setelah perbaikan data lewat kerja sama dengan Disdukcapil Kemendagri.

Risma juga akan melakukan pemberdayaan sosial kepada masyarakat. Caranya dengan menggandeng para kepala daerah.

(isa/imk)