M Lutfi Jadi Mendag Lagi, Komisi VI DPR: Tak Perlu Banyak Penyesuaian

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Rabu, 23 Des 2020 15:15 WIB
Ketua Umum DPP Garda Pemuda NasDem, anggota DPR Partai Nasdem Martin Manurung
Martin Manurung (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Menteri Perdagangan (Mendag) M Lutfi resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Wakil Ketua Komisi VI Martin Manurung menyebut M Lutfi sudah memiliki pengalaman sebagai Mendag sehingga bisa langsung bekerja.

"Beliau kan sebelumnya sudah pernah menjadi Mendag juga. Karena itu, saya berharap tidak lagi perlu banyak penyesuaian dan bisa langsung bekerja," ujar Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Martin Manurung kepada wartawan, Rabu (23/12/2020).

Ketua DPP NasDem itu berharap Mendag M Lutfi dapat tetap menjaga stabilitas harga pasar. Ia juga mengharapkan M Lutfi dapat memastikan kecukupan pasokan dan kelancaran distribusi bahan pangan.

"Mendag yang baru diharapkan bisa meneruskan stabilitas harga agar melindungi konsumen dan produsen nasional. Kita harapkan jajaran Kemendag untuk terus terjun ke lapangan guna memastikan kecukupan pasokan dan kelancaran distribusi, khususnya bahan pangan," ujarnya.

Menurut Martin, tantangan M Lutfi sebagai Mendag ialah mendorong kinerja perdagangan dan pemulihan ekonomi di masa pandemi Corona. Selain itu, Lutfi diharapkan dapat memperkuat pasar domestik di tengah pandemi.

"Tantangannya adalah bagaimana mendorong kinerja perdagangan, khususnya ekspor, di masa pandemi dan pemulihan ekonomi. Juga penting untuk terus memperkuat pasar domestik di tengah persaingan global dan dampak pandemi COVID-19," tuturnya.

Untuk diketahui, Menteri Perdagangan M Lutfi baru dilantik oleh Presiden Jokowi. M Lutfi pernah menjadi Menteri Perdagangan pada 2014 di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Lihat berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2