Jurnalis TV Daerah Borong Pegadaian-IJTI Award

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Rabu, 23 Des 2020 15:12 WIB
jurnalis
Foto: shutterstock
Jakarta -

Jurnalis televisi daerah memborong penghargaan sebagai pemenang Lomba Karya Jurnalistik Televisi 2020 bertema "Membangun Optimisme di Era Pandemi". Penghargaan tersebut diserahkan secara virtual pada Selasa (22/12) malam. Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian (Persero) R. Swasono Amoeng Widodo mengucapkan selamat kepada para pemenang dan berterima kasih atas antusias para peserta dalam mengikuti kompetisi ini.

"Kami sebagai bagian dari panitia dan sponsor dari kegiatan ini sangat bangga dan mengapresiasi hasil karya jurnalistik para peserta yang telah mengirimkan liputan terbaiknya. Ini menjadi bukti bahwa para jurnalis sangat memperhatikan dan peduli dengan Pegadaian. Oleh karena itu kami sangat mendukung kegiatan ini dapat menjadi agenda tahunan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI)," ucap Amoeng dalam keterangan tertulis, Rabu (23/12/2020).

Sebagai salah satu anggota dewan juri, Amoeng mengatakan karya jurnalistik yang dikirimkan relatif bagus-bagus sehingga cukup sulit bagi juri dalam menentukan pemenang.

"Panitia menerima 125 materi yang dikirimkan oleh peserta, kemudian dipilih sekitar 50 untuk memasuki seleksi berikutnya. Selanjutnya terpilih 10 finalis dan mengerucut ditetapkan 3 pemenang," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat Agung Suprio mengucapkan terima kasih kepada Pegadaian dan IJTI yang telah menginisiasi Lomba Karya Jurnalistik Televisi 2020.

"Kompetisi ini sangat bermanfaat bagi para jurnalis TV untuk menghasilkan karya terbaik, sehingga mendorong mereka untuk terus meningkatkan kompetensi. Apalagi kegiatan ini juga dibarengi dengan seminar. Dengan demikian harapan masyarakat untuk memperoleh tayangan informasi yang inspiratif, mendidik, menghibur dan bermanfaat akan tercapai," katanya.

Lomba Karya Jurnalistik Televisi 2020 merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Pegadaian dalam rangka memperingati HUT ke-119 Pegadaian. Tetapi karena kondisi pandemi COVID-19 dan permintaan dari peserta maka kegiatan berlangsung sampai akhir tahun dan penyerahan hadiah dilakukan secara virtual.

Ke depan Pegadaian akan mengembangkan kompetisi dengan kategori lebih luas. Selain karya jurnalistik televisi juga akan digelar karya jurnalistik media cetak maupun daring.

Berikut para pemenang Lomba Karya Jurnalistik Televisi 2020. Juara I Mustajab, jurnalis Kompas TV Banda Aceh dengan judul berita 'Semangat UMKM Bangkit di Tengah Pandemi'. Juara II diraih oleh Dinosius Umbu, jurnalis INews TV Kupang dengan judul berita 'Pegadaian Jadi Solusi Pengrajin Tenun Ikat Sumba di Masa Pandemi COVID-19'. Sedangkan juara III diraih oleh Erdika Mukdir jurnalis TVOne Kendari dengan judul 'Geliat Usaha Gula Aren dan Peran Pegadaian di Masa Pandemi'.

(mul/mpr)