Pegadaian Dominasi Penghargaan Top Digital Innovation Award 2020

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Rabu, 23 Des 2020 14:38 WIB
Pegadaian
Foto: Pegadaian
Jakarta -

Menjelang akhir 2020 PT Pegadaian (Persero) mendominasi perolehan penghargaan pada ajang TOP DIGITAL Awards 2020. Acara ini diselenggarakan oleh Majalah ItWorks yang bekerja sama dan didukung oleh beberapa Asosiasi dan Perusahaan Konsultan TI TELCO/Digital.

Pegadaian mengantongi empat penghargaan sekaligus yang diterima Selasa (22/12). Kategori penghargaan yang berhasil diraih yaitu TOP DIGITAL Implementation 2020 on Finance Service Non Bank Sector Level Stars 5, Top Leader on Digital Implementation 2020, Top CIO on Digital Implementation 2020, dan TOP Digital Transformation Readiness 2020.

Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Kuswiyoto sangat bersyukur dan bangga atas sejumlah penghargaan yang berhasil diraih oleh perusahaan sepanjang tahun ini. Kuswiyoto mengatakan perusahaan terus memanfaatkan teknologi untuk mengimplementasikan peningkatan kinerja yang bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik. Sehingga menjadikan Pegadaian sebagai The Most Valuable Financial Company di Indonesia dan sebagai Agen Inklusi Keuangan Pilihan Utama Masyarakat.

"Meski usia Pegadaian sudah mencapai 119 tahun, bukan berarti tua. Tapi justru kami memanfaatkan pengalaman, agar mampu bersaing dengan mengikuti perkembangan jaman, di antaranya menghadirkan bisnis proses yang sederhana dan berbasis digital, didukung TI yang andal dan mutakhir, serta praktek manajemen risiko yang kokoh," ujar Kuswiyoto dalam keterangan tertulis, Rabu (23/12/2020).

Hingga kini, Pegadaian tengah mengembangkan aplikasi Pegadaian Digital, meluncurkan Digital Lending yang memudahkan masyarakat pelaku UMKM mendapatkan dana cepat. Hal ini dilakukan seiring dengan perubahan perilaku konsumen.

"Tak bisa dipungkiri, saat ini masyarakat melakukan berbagai aktivitas melalui smartphone, termasuk bertransaksi keuangan. Di sinilah kami melihat peluang besar, untuk bisa memberikan pelayanan dan kemudahan yang diinginkan nasabah dengan mengembangkan bisnis berbasis digital," ucap Direktur TI & Digital Teguh Wahyono.

Guna meningkatkan akurasi data nasabah, Pegadaian juga menjalin kerja sama dengan Dukcapil untuk mengimplementasikan sistem pemindai wajah (Face Recognition Sytem) dengan teknologi E-KYC (Electonic Know Your Customer).

Peserta TOP DIGITAL Awards 2020 adalah perusahaan BUMN, BUMD, swasta dan instansi pemerintahan baik pusat, provinsi, kota dan kabupaten di seluruh Indonesia yang dinilai terbaik oleh dewan juri dalam hal implementasi dan pemanfaatan TI TELCO dan Solusi Teknologi Digital di seluruh Indonesia.

Tujuannya, untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada perusahaan yang berhasil menerapkan dan memanfaatkan TI/Solusi Digital untuk meningkatkan kinerja. Selain itu, meningkatkan daya saing serta memberikan layanan terbaik kepada masyarakat dan mendorong manajemen serta semangat tim TI perusahaan untuk terus melakukan inovasi menggunakan TI/Solusi dengan efektif dan efisien.

(mul/mpr)