Sertijab Menag, Yaqut Cholil Tegaskan Kemenag Kementerian Semua Agama

Ibnu Hariyanto - detikNews
Rabu, 23 Des 2020 11:56 WIB
Yaqut Cholil Qoumas (Biro Pers Setpres)
Yaqut Cholil Qoumas (Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Kementerian Agama (Kemenag) melaksanakan serah-terima jabatan Menteri Agama (Menag). Yaqut Cholil Qoumas resmi menjabat Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi.

Serah-terima jabatan Menag disiarkan secara langsung di YouTube Kemenag RI, Rabu (23/12/2020). Tampak Yaqut duduk berjajar dengan Fachrul dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid.

Fachrul Razi menyampaikan selamat datang kepada Yaqut Cholil. Ia yakin Yaqut Cholil bisa memimpin Kemenag lebih baik.

"Saya selaku Menteri Agama 2019-2020, saya ucapkan selamat datang Pak Yaqut Cholil di Kementerian Agama. Bapak telah diangkat Bapak Presiden sebagai Menteri Agama, saya berasumsi pasti pilihan presiden adalah pilihan tepat saya yakin Bapak bisa memimpin Kementerian Agama dengan lebih baik," kata Fachrul.

Sementara itu, Yaqut Cholil membuka sambutannya dengan mengutip penyataan eks Menag Lukman Hakim Saifuddin yang menirukan pernyataan Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid soal Kemenag. Ia mengatakan Kementerian Agama harus menjadi kementerian untuk semua agama, bukan satu agama. Ia berharap ke depan tidak ada diskriminasi antara agama satu dengan yang lain.

"Saya dengar dulu Pak Lukman Hakim Saifudin ketika masuk Kementerian Agama ini Gus Dur berseloroh soal Kementerian Agama. Ini populer sekali, Gus Dur mengatakan yang diulang oleh Pak Lukman Hakim, Kementerian Agama itu seperti pasar, semua ada, kecuali agama, itu kata Gus Dur. Ini waktunya Bapak/Ibu sekalian kita membuktikan bahwa Kementerian Agama bukan Kementerian Agama, titik, tapi kementerian semua agama. Maka yang disebut Gus Dur soal pasar itu ini, pasar agama-agama ini ada di Kementerian Agama, tidak ada perbedaan, tidak ada diskriminasi semua agama di kementerian ini, kita tunjukkan ke publik," ucapnya.

"Saya kemarin katakan di Istana Negara dan tadi tadi saya sampaikan ke Pak Presiden saya hanya ingin menjadikan melalui Kementerian Agama ini saya ingin menjadi agama ini sebagai inspirasi bukan aspirasi," imbuhnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan prosesi penyerahan memori akhir tugas dari Fachrul Razi kepada Yaqut Cholil. Keduanya tampak berdiri di depan hadirin dan berjabat tangan.

Sebelumnya, Yaqut Cholil Qoumas ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Agama yang baru. Yaqut berjanji akan ada terobosan-terobosan baru di kementerian.

"Kita lihat nanti pasti akan ada terobosan-terobosan dari kementerian agar akan berbeda dari masa-masa lainnya," ujar Yaqut di Istana Kepresidenan, Rabu (23/12).

Hari ini Yaqut Cholil bersama 5 menteri baru lainnya dilantik Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat. Selain 6 menteri, Jokowi juga melantik 5 wakil menteri.

(ibh/imk)