Prabowo Menhan, Herindra Wamenhannya

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 23 Des 2020 11:38 WIB
Wamenhan Muhammad Herindra
Wamenhan Muhammad Herindra (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Sosok Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) berganti usai Sakti Wahyu Trenggono digeser menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan. Kini Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto didampingi oleh Letjen Muhammad Herindra.

Kocok ulang atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah dua menterinya tersandung kasus di KPK. Sejumlah nama baru masuk menggantikan pejabat lama, ada juga nama yang digeser dari jabatan satu ke jabatan lain.

Salah satu yang digeser adalah Sakti Wahyu Trenggono. Dia ditunjuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo, yang terjerat kasus dugaan korupsi ekspor benur.

Posisi Wamenhan lantas kosong. Jokowi kemudian menunjuk Herindra menjadi Wamenhan. Herindra sebelumnya merupakan Kasum TNI.

Herindra bersama menteri dan wakil menteri lain dilantik di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2020) pagi tadi. Usai dilantik Jokowi, kini Herindra resmi menjadi Wamenhan mendampingi Prabowo.

Sosok Herindra

Herindra sebelumnya sempat bikin heboh. Pada masa Pilpres 2019, foto lamanya sedang berpose dua jari tersebar. Foto itu dinarasikan sebagai isyarat dukungan untuk capres Prabowo Subianto, yang saat itu menjadi capres nomor urut 02.

Padahal saat itu Herindra masih berpangkat Mayjen, belum Irjen. Gestur dua jari itu berupa jempol dan telunjuk terangkat, merupakan gestur angkatan Akmil.

"Foto itu merupakan simbol Akabri 87 (Laju) dan tidak ada kaitannya dengan calon presiden," kata Herindra, 25 Maret 2019.

Pada 22 Oktober 2020, Letjen Herindra dilantik Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjadi Kepala Staf Umum (Kasum) TNI.

Dilansir situs resmi TNI Angkatan Darat, Herindra merupakan lulusan terbaik Akademi Militer Tahun 1987. Dilansir Antara, Herindra menjabat Komandan Korem 101 Antasari pada 2012. Saat itu pangkatnya adalah Kolonel Infanteri.

Selanjutnya
Halaman
1 2