Legislator NasDem: Menag Yaqut Tak Diragukan Lagi Pengetahuan Agamanya

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Rabu, 23 Des 2020 11:20 WIB
Anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi NasDem Nurhadi.
Nurhadi (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Yaqut Cholil Qoumas resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Agama (Menag). Politikus Partai NasDem Nurhadi menilai pengetahuan agama Yaqut Cholil Qoumas tak perlu diragukan lagi.

"Presiden Jokowi sudah tepat memilih Gus Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama," kata Nurhadi kepada wartawan, Rabu (23/12/2020).

Anggota Komisi VIII DPR RI ini mengatakan pengetahuan agama Gus Yaqut, sapaan akrab Menag Yaqut, tidak perlu diragukan lagi. Sebab, Gus Yaqut berpengalaman memimpin organisasi GP Ansor.

"Gus Yaqut sudah tidak diragukan lagi pengetahuan agamanya, berlatarbelakang pesantren dan pemimpin salah satu organisasi muslim terbesar di Indonesia, GP Ansor," ujarnya.

Menurut Nurhadi, GP Ansor yang dipimpin oleh Menag Yaqut Cholil Quomas konsisten dalam menjaga persatuan umat. Ia yakin Menag Yaqut mampu menebarkan moderasi dalam keberagaman di Tanah Air.

"GP Ansor merupakan organisasi yang konsisten dalam menjaga ukhuwah islamiyah atau persatuan umat dan ukhuwah basyariyah atau persatuan kemanusiaan," katanya.

"Bermodal itulah, saya yakin Gus Yaqut akan mampu mengemban amanah sebagai Menag dengan menebarkan moderasi dalam keberagaman," imbuh Nurhadi.

Sebelumnya, Yaqut Cholil Qoumas ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Menteri Agama yang baru. Yaqut berjanji akan ada terobosan-terobosan baru di kementerian.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

"Kita lihat nanti pasti akan ada terobosan-terobosan dari kementerian agar akan berbeda dari masa-masa lainnya," ujar Yaqut di Istana Kepresidenan, Rabu (23/12).

Namun, Yaqut tidak mengungkap terobosan apa saja yang akan diterapkan. Ia ingin menjadikan agama sebagai inspirasi, bukan aspirasi.

"Sebagai inspirasi bukan aspirasi, itu bisa diperhitungkan, bagaimana cara hubungan antarumat beragama, hubungan antarintern umat beragama," tutur Yaqut.

Jokowi resmi melantik 6 menteri baru pagi ini. Selain itu, Jokowi melantik 5 orang wakil menteri. Berikut ini menteri dan wakil menteri yang dilantik Jokowi:

Menteri

1. Tri Rismaharini (Risma) sebagai Menteri Sosial
2. Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
3. Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan
4. Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama
5. Wahyu Sakti Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan
6. M Luthfi sebagai Menteri Perdagangan

Wakil Menteri

1. Letjen TNI Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan
2. Edward Omar Syarif Hiariej sebagai Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia
3. Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan
4. Harvick Hasnul Qolbi sebagai Wakil Menteri Pertanian
5. Pahala Nugraha Mansyuri sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara

(hel/rfs)