Jokowi Tunjuk Eddy Hiariej Jadi Wamenkumham

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 23 Des 2020 08:55 WIB
Ahli dari tim Jokowi, Eddy Hiariej saat sidang MK (Youtube MK)
Eddy Hiariej saat sidang MK. (YouTube MK)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Guru Besar Hukum Pidana Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM), Edward Omar Sharif Hiariej atau Eddy Hiariej, sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM. Eddy bakal dilantik Jokowi pagi ini.

Pelantikan rencananya digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2020). Selain Eddy, Jokowi bakal melantik Letjen Muhammad Herindra menjadi Wakil Menteri Pertahanan, Wamen BUMN Pahala Mansury, dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono.

Eddy, yang merupakan pakar hukum pidana, pernah didapuk menjadi ahli Jokowi-Ma'ruf dalam sidang sengketa Pilpres pada 2019. Eddy juga pernah menjadi saksi ahli mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok dalam persidangan dugaan kasus dugaan penodaan agama pada 2017.

Para wamen itu akan dilantik berbarengan dengan enam menteri baru. Berikut ini enam menteri baru yang akan masuk:

1. Tri Rismaharini (Risma) ditunjuk sebagai Menteri Sosial
2. Sandiaga Salahuddin Uno ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
3. Budi Gunadi Sadikin ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan
4. Yaqut Cholil Qoumas ditunjuk sebagai Menteri Agama
5. Wahyu Sakti Trenggono ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan
6. M Luthfi ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan

Risma akan menggantikan Juliari Batubara sebagai Mensos. Juliari sendiri kena OTT KPK terkait dugaan suap bantuan sosial. Wahyu Sakti Trenggono akan menggantikan Edhy Prabowo yang mundur dari kursi Menteri Kelautan dan Perikanan usai menjadi tersangka dugaan suap ekspor benur.

Budi Gunadi Sadikin ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto. Yaqut Cholil Qoumas akan menggantikan Fachrul Razi sebagai Menteri Agama. Sandiaga Uno akan menggantikan Wishnutama di kursi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dan M Luthfi akan menggantikan Agus Suparmanto di kursi Menteri Perdagangan.

(mae/tor)