Gandeng BNI, TNI AD Jadikan UNJANI Kampus Digital

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Selasa, 22 Des 2020 20:59 WIB
BNI
Pemimpin Divisi BUMN & Institusi Pemerintah BNI Rudy Sihombing (kiri) menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP) di Jakarta, Selasa (22 Desember 2020). Foto: dok. BNI
Jakarta -

TNI Angkatan Darat melalui Yayasan Kartika Eka Paksi, menggandeng PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom), dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), untuk mendigitalkan Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) di Cimahi, Jawa Barat. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mendukung pilar transformasi digital di Indonesia serta mencetak SDM Indonesia yang berdaya saing dan berkemampuan IT.

Dukungan tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Ketua Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP) Letjen TNI (Purn) Tatang Sulaiman dengan Pemimpin Divisi BUMN dan Institusi Pemerintah BNI Rudy Sihombing di Jakarta. Penandatanganan tersebut disaksikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa, dan Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa menuturkan penunjukan BNI, WIKA dan Telkom sebagai mitra UNJANI telah melalui berbagai pertimbangan dan proses pemilihan.

"Kami melihat bahwa BNI dan Telkom punya pengalaman dalam mengelola Perguruan tinggi di Indonesia. Hal tersebut sejalan dengan cita - cita dan semangat UNJANI yang ingin menjadi Smart Campus terkemuka di Indonesia," ujar Andika dalam keterangan tertulis, Selasa (22/12/2020).

Sementara itu, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto menjelaskan BNI berkomitmen mendukung upaya digitalisasi yang sedang dilakukan oleh TNI AD beserta yayasan dibawahnya, termasuk upaya YKEP dalam menciptakan smart campus. BNI siap memberikan berbagai solusi mulai pembiayaan, pengelolaan operasional kampus menggunakan Cash Management dan solusi digitalisasi lainnya sesuai kebutuhan.

"BNI sangat dekat dengan dunia pendidikan di Indonesia sehingga sering disebut sebagai bank kampus. Melalui layanan digital BNI, mahasiswa Universitas Jenderal Achmad Yani dapat melakukan pembayaran kuliah langsung dan terhubung secara host to host ke universitas," jelasnya.

Selain itu, pembayaran parkir di kampus, transaksi di kantin, peminjaman buku di perpustakaan, hingga pembayaran Pendidikan Universitas Jenderal Achmad Yani dapat dilakukan dengan mudah melalui Kartu Mahasiswa Multifungsi, BNI Mobile Banking, BNI Internet Banking, serta ATM BNI.

"Di era, di mana teknologi digital mengambil peran sangat penting, BNI melangkah maju dengan semangat #BNItudigital. Hal tersebut merupakan cerminan dari salah satu misi BNI, yaitu Memberikan layanan prima dan solusi digital kepada seluruh Nasabah selaku Mitra Bisnis pilihan utama," ujar Sis Apik.

(prf/ega)