Risma Langsung Bicara Program Kerja: Perbaikan Data Bantuan-Pemberdayaan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 22 Des 2020 19:34 WIB
Jakarta -

Tri Rismaharini (Risma) mengaku kaget akhirnya dipilih menjadi Menteri Sosial (Mensos). Risma sendiri sudah punya gambaran apa yang akan dia kerjakan usai resmi dilantik.

"Terus terang saya cukup kaget meskipun sudah banyak yang membicarakan. Terus terang saya tidak pernah berpikir atau membayangkan menjadi menteri," kata Risma di Istana Merdeka seperti disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (22/12/2020).

Risma lalu memaparkan program yang sudah dia siapkan di Kemensos. Yang pertama adalah soal data penerima bantuan. Dia akan melibatkan Kemendagri hingga perguruan tinggi di berbagai daerah.

"Program kami adalah perbaikan data. Untuk data-data penerima bantuan kami akan kerja sama dengan Kemendagri terkait data kependudukan dan perguruan tinggi di wilayah masing-masing," ucapnya.

Program berikutnya adalah terkait pemberdayaan. Wali Kota Surabaya ini tak mau anak telantar hanya selalu menengadahkan tangan untuk meminta-minta.

"Kami akan perhatian terhadap terutama anak terlantar, fakir miskin. Itu akan kami prioritaskan program pemberdayaannya," ujar Risma.

Risma juga akan bekerjasama dengan kementerian lain yaitu Kemenkop, Kemendag, hingga Kemenperin. Dia ingin memberdayakan ibu-ibu lewat koperasi di tingkat kecamatan hingga kelurahan. Salah satu hal yang dia juga soroti adalah mengenai kesehatan warga.

"Kami akan bekerja sama dengan Kemenkes untuk mengelola kesehatan yang kita berikan bisa mempunyai hak untuk warga memang yang menyandang permasalahan sosial," ungkapnya.

(imk/tor)