ADVERTISEMENT

Sandiaga-Risma Jadi Menteri Baru Jokowi, Ganjar: Sinyal Rekonsiliasi

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Selasa, 22 Des 2020 19:22 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk enam menteri baru dalam reshuffle kabinet Indonesia Maju. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai ada sinyal rekonsiliasi dalam pemilihan para menteri baru itu.

"Menurut saya oke, ada nuansa yang bagus. Pak Presiden sedang memberikan sinyal rekonsiliasi," kata Ganjar saat ditemui di rumah dinasnya, Semarang, Selasa (22/12/2020).

Ganjar yakin Jokowi memilih para menteri barunya itu dengan pertimbangan matang. Dia berharap para menteri yang baru ini berkomitmen pada pemberantasan korupsi.

"Selebihnya, tentu saja ada tantangan lain karena pandemi belum selesai. Kita semua harus menyelesaikan dengan segala kreasi dan inovasi. Pak Presiden memilih beliau-beliau ini dengan berbagai pertimbangan yang dianggap ampuh, maka amanah, kepercayaan perlu dilaksanakan dengan integritas," pesan Ganjar.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi mengumumkan menteri baru yaitu Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini ditunjuk sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari P Batubara yang baru saja ditangkap KPK. Kemudian Sandiaga Uno didapuk menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menggantikan Whisnutama.

Selanjutnya Budi Gunawan Sadikin sebagai Menteri Kesehatan (Menkes) menggantikan Terawan Agus Putranto. Ada juga tokoh muslim Gerakan Pemuda (GP) Anshor, Yaqut Cholil Qoumas menjadi Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi, Sakti Wahyu Trenggono menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) menggantikan Edhy Prabowo, dan Muhammad Lutfi menjadi Menteri Perdagangan (Mendag) menggantikan Agus Suparmanto.

Tonton video 'Jadi Menteri, Sandiaga Uno dan Risma Diminta Amanah':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/rih)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT