Pertamina Pastikan Stok Avtur, BBM dan LPG di Sulawesi Aman

Erika Dyah Fitriani - detikNews
Selasa, 22 Des 2020 19:15 WIB
spbu kantong pertamina
Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

Liburan Natal dan Tahun Baru berpotensi membuat arus ilir mudik orang dan barang semakin tinggi. Pertamina pun mengupayakan skenario dalam memastikan ketersediaan energi bahan bakar. BBM, LPG, dan Avtur menjadi prioritas yang akan dipenuhi kebutuhannya bagi masyarakat.

Pertamina Regional Sulawesi telah melakukan proyeksi konsumsi energi, antisipasi potensi cuaca dan bencana, menyediakan layanan terbaik, serta berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait dengan membentuk Satgas Nataru.

"Pertamina telah membentuk Satuan Tugas Natal dan Tahun Baru (Satgas Nataru) sejak tanggal 7 Desember 2020 hingga 10 Januari 2021 untuk memastikan ketersediaan energi untuk masyarakat di seluruh Lembaga Penyalur Pertamina (SPBU, Agen LPG, Pangkalan dan lembaga penyalur lainnya) dari Sabang sampai Merauke untuk menghadapi momen Libur Pilkada, Natal dan Tahun Baru 2021," ujar Executive GM Pertamina Regional Sulawesi Rama Suhut dalam keterangan tertulis, Selasa (22/12/2020).

"Kami melakukan proyeksi untuk mengantisipasi kenaikan konsumsi BBM dan LPG, atas dasar proyeksi itu kita menambah buffering stok BBM selama masa Satgas sebesar 5%. Sedangkan untuk LPG kita menambah pasokan lebih dari 2 juta tabung LPG 3kg se-Sulawesi atau sekitar 4% lebih banyak pada tanggal 9, 24-25 dan 31 Desember 2020," sambung Rama.

Konsumsi avtur juga diperkirakan akan naik sebesar 9,4 persen dibanding konsumsi normal harian bulan November 2020. Hal ini diproyeksi mengingat adanya potensi tingginya arus mudik menggunakan moda transportasi udara pada masa liburan ini.

Sebagai bagian antisipasi, Pertamina telah berkoordinasi dengan pemerintah dan Polri menyiagakan seluruh SPBU di jalur utama serta titik-titik konsentrasi masyarakat pada masa libur Natal dan Tahun Baru. Salah satu upaya yang dilakukan Pertamina Sulawesi yaitu menyiagakan 1 unit mobil Dispenser di Makassar, 7 titik SPBU Kantong di Toraja, dan melakukan pengadaan Pertamina Delivery Service (PDS). Sebanyak 22 titik PDS tersebar di Sulawesi dan dapat diakses melalui Call Center 135.

"Potensi cuaca buruk serta bencana longsor dan banjir juga telah kami antisipasi. Skenario supply alternatif dan emergency baik via darat dan laut telah kami siaga kan. Kami melakukan yang terbaik yang dapat kami lakukan sehingga masyarakat bisa nyaman dan tenang dalam momen natal dan tahun baru ini," imbuhnya.

Tak lupa, Pertamina mengimbau masyarakat untuk mengecek kesiapan kendaraan dengan mengisi penuh bahan bakar dan mengganti pelumas kendaraan sebelum bepergian. Masyarakat juga dapat memanfaatkan layanan Enduro Express di SPBU terdekat.

"Seluruh Operator SPBU kami telah menerapkan protokol kesehatan dan kami imbau masyarakat di era Pandemi ini untuk menggunakan aplikasi My Pertamina dalam bertransaksi di SPBU untuk meminimalisir kontak melalui uang tunai. Selain itu banyak kemudahan dan promo yang bisa dinikmati melalui aplikasi tersebut," pungkas Rama.

Terdapat berbagai promosi bagi pengguna aplikasi MyPertamina yang berlaku hingga 31 Desember 2020. Potongan harga Rp250,- per liter berlaku untuk pembelian Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite. Ada pula promo gratis tukar tabung Bright Gas dan diskon isi ulang apabila melakukan pemesanan melalui Pertamina Call Center 135.

Tonton video 'Stok BBM dan LPG di Sulawesi Dijamin Aman hingga Akhir Tahun':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)