Persiapan Alih Kelola Blok Rokan, PDC Pastikan Aspek K3

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Selasa, 22 Des 2020 18:38 WIB
Pertamina
Foto: dok. Pertamina
Jakarta -

Direktur Operasi PT Patra Drilling Contractor (PDC) Jusup Budiarto mengatakan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) menjadi hal yang harus diprioritaskan dalam alih kelola Blok Rokan. Menurutnya, keselamatan kerja sudah menjadi komitmen manajemen agar dalam setiap proyek yang dilaksanakan dapat meminimalisir insiden. Ada tiga prinsip yang dikenal sebagai HSE Golden Rules yang wajib melekat pada segenap perwira PDC dalam melaksanakan pekerjaan di manapun berada sehingga menjadi budaya kerja sehari-hari.

"Semua personel jangan lengah sedikit pun terhadap aspek keselamatan kerja. Patuh terhadap aturan yang ada, SOP dan ketentuan lainnya yang berlaku, juga aktif melakukan intervensi jika ditemukan adanya unsafe condition ataupun unsafe action, serta peduli terhadap sesama rekan kerja, terlebih jika ada potensi bahaya yang mengancam," ujarnya dalam keterangan tertulis, selasa (22/12/2020).

Hal itu ia katakan dalam kunjungan Management Walk Through (MWT) di beberapa titik kegiatan operasi proyek Rokan.

Lebih lanjut, kata dia, meski proyek berjalan di tengah merebaknya pandemi COVID-19, PDC dituntut tetap profesional dalam menangani proyek strategis nasional ini. Di sisi lain, pekerjaan penggantian pipa minyak yang cukup panjang ini memiliki tingkat kesulitan dan risiko yang tinggi, sehingga aspek keselamatan kerja harus menjadi prioritas utama.

"Karenanya, sinergi dua kekuatan PDC bersama anak perusahaan PGN, PGSOL (PGN Solution) diyakini akan dapat mengerjakan dan menyelesaikannya tepat waktu. Koordinasi dua perusahaan afiliasi Pertamina ini telah berkomitmen bersama menyelesaikannya target penyelesaian project dengan baik, lancar, sesuai tata waktu, dan safety," jelasnya.

Diketahui, pekerjaan penggantian pipa proyek Rokan yang terbentang melintas di empat kabupaten yang diharapkan dapat digunakan untuk menyalurkan minyak di blok Rokan. Pembangunan pipa ini merupakan proyek strategis untuk mendukung ketahanan energi nasional. Ketahanan produksi minyak di Blok Rokan, diharapkannya dapat menjaga dan meningkatkan performa lifting minyak nasional sebagai energi primer dalam upaya memajukan perekonomian Nasional.

Sebagai informasi, kegiatan MWT tersebut rutin dilakukan sebagai salah satu upaya monitoring progress project dan memberi dorongan semangat bagi para pekerja (frontliner) dalam menyelesaikan tugasnya.

(prf/ega)