Komnas HAM Jelaskan Kondisi 3 Mobil dalam Kejadian Penembakan Laskar FPI

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Selasa, 22 Des 2020 15:35 WIB
Beka Ulung Hapsara
Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) telah mengecek tiga mobil yang terlibat dalam insiden penembakan enam laskar Front Pembela Islam (FPI). Komnas HAM membeberkan 3 kondisi mobil tersebut.

Mobil pertama, adalah mobil Avanza silver milik polisi. Di tempat itu, polisi menyebut empat laskar ditembak di dalam mobil karena mencoba merebut senjata api milik petugas.

Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara, menjelaskan terdapat bekas tembakan di mobil tersebut. Bekas tembakan, ada di dalam dan di luar mobil.

"Yang jelas ada bekas tembakan," kata Beka saat dihubungi, Selasa (22/12/2020).

"Ada di luar, ada di dalam," ujarnya.

Beka mengaku lupa terkait jumlah lubang pelurunya. Beka juga melihat ada bercak darah di bagian dalam mobil.

"Iya, pokoknya ada bercak, bukan ceceran darah," ujar Beka.

Mobil Avanza silver itu juga rusak di bagian luar. Beka menyebut ada bekas garis lurus di bagian depan dan samping seperti bekas serempetan. Pihaknya masih belum bisa memastikan penyebab kerusakan itu.

"Pokoknya ada bekas garis lurus begitu. Bahwa memastikan itu (bekas) senjata tajam atau tidak belum bisa, karena kami sedang meminta kepada kepolisian apakah ada foto mobil tersebut, dokumentasinya sebelum dan sesudah kejadian," ujarnya.

Mobil kedua, merupakan mobil Chevrolet Spin yang ditunggangi enam laskar FPI. Mobil itu digunakan FPI saat terjadi insiden kejar-kejaran di Tol Jakarta-Cikampek.

Beka menyebut ada kerusakan di mobil itu. Namun dia tidak ingat apakah ada bekas tembakan di mobil tersebut.

"Cacat-cacat ya, karena ada yang cacat di depan, karena katanya sebelumnya nabrak begitu. Bekas tabrakan, itu butuh pendalaman lagi ya karena baru keterangan polisi saja," ungkapnya.

"Aku lupa (ada tidaknya bekas tembakan) yang Chevrolet itu, sorry sorry," ujarnya.

Bagaimana kondisi mobil yang lain. Simak di halaman selanjutnya.