Gubernur: Aturan PCR-Antigen Masuk Bali Persiapan untuk Buka Wisman 2021

Angga Riza - detikNews
Selasa, 22 Des 2020 14:51 WIB
Gubernur Bali I Wayan Koster.
Gubernur Bali I Wayan Koster (Angga/detikcom)
Denpasar -

Gubernur Bali I Wayan Koster berbicara soal adanya pandangan negatif terkait keluarnya surat edaran Nomor 2021 Tahun 2020 yang berisi pengetatan syarat masuk Bali dalam masa liburan Natal dan tahun baru. Menurut Koster, pemberlakuan SE ini merupakan persiapan Bali untuk membuka wisatawan mancanegara (wisman) yang direncanakan dibuka pada 2021.

"Meyakinkan masyarakat luar bahwa Bali sangat serius, sungguh-sungguh, dan dengan ketat menerapkan protokol kesehatan dalam menangani pandemi COVID-19, sehingga semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat luar terhadap Bali. Kepercayaan ini merupakan posisi yang sangat penting sebagai tahapan persiapan dimulainya pembukaan wisatawan mancanegara yang direncanakan pada tahun 2021," kata Koster kepada wartawan saat jumpa pers, Selasa (22/12/2020).

Koster memaparkan, jika berhasil menangani kasus positif COVID-19 dengan baik, Pemprov Bali bisa meyakinkan pemerintah pusat untuk membuka pariwisata mancanegara pada 2021.

"Bilamana Kita berhasil menangani COVID-19 pada libur Hari Raya Natal dan tahun baru 2021, tidak terjadi peningkatan kasus positif COVID-19 yang signifikan, maka Pemerintah Provinsi Bali dapat meyakinkan pemerintah pusat agar wisatawan mancanegara bisa dibuka mulai tahun 2021, sebagaimana harapan para pelaku usaha jasa pariwisata," paparnya.

Pemberlakuan surat edaran ini juga melihat tingginya kasus positif yang terjadi di beberapa daerah sehingga dengan adanya surat edaran ini Pemerintah Provinsi Bali bisa memastikan orang yang berkunjung ke aman dari COVID-19.

"Memastikan seluruh pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) ke Bali, baik melalui udara maupun darat dan laut bebas COVID-19, tidak menjadi sumber penularan COVID-19," ujar Koster.

"Memastikan aktivitas liburan dalam rangka Hari Raya Natal dan tahun baru 2021 dapat berjalan dengan sehat, nyaman, dan aman, baik bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali maupun bagi masyarakat lokal Bali," tambahnya.

Apa saja syarat masuk ke Bali? Simak halaman selanjutnya.