Kode Jokowi soal Kabinet: Dulu 'Gagang Telepon', Kini 'Rel Kereta Api'

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 22 Des 2020 13:54 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers terkait penetapan Menteri Sosial Juliari P. Batubara sebagai tersangka
Presiden Jokowi (BPMI Setpres/Rusman)
Jakarta -

Di tengah kencangnya isu reshuffle kabinet, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunggah posting-an yang mirip-mirip kode. Dulu, menjelang pengumuman kabinet periode 2019-2024, Jokowi juga melempar kode lewat posting-an.

Selasa (22/12/2020), Jokowi mengunggah foto ilustrasi rel kereta api dengan pemandangan matahari terbit. Jokowi bicara 'pelajaran' dari masa lalu dan tekad menatap harapan baru.

"Yang lalu biarlah berlalu, menjadi kenangan, juga pelajaran. Kita menatap hari esok dengan tekad, semangat, dan memancang harapan yang baru," tulis Jokowi.

Dalam foto itu, terdapat tulisan berwarna putih yang berbunyi, 'yang baru... harus lebih baik!'. Posting-an Jokowi ini makin memantik bahwa pengumuman reshuffle kabinet segera disampaikan kepada publik.

Sejumlah politikus dan relawan Jokowi menyebut Presiden tengah memanggil calon-calon menteri barunya. Pelantikan menteri-menteri baru dilakukan esok hari.

Tahun lalu, tepatnya Jumat (11/10/2019), Jokowi mengunggah foto gagang telepon tergantung dua warna menjelang pengumuman menteri. Jokowi mengunggah foto gagang telepon disertai kalimat 'sabar sebentar lagi' saat berbicara tentang nama-nama menteri kabinet untuk pemerintahan periode 2019-2024. Jokowi menegaskan susunan kabinet sudah rampung.

"Yang jelas, susunan kabinet untuk pemerintahan periode mendatang sudah rampung. Saya akan umumkan segera setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024 pada 20 Oktober, bisa di hari yang sama, atau setelahnya," kata Jokowi.

Seperti kode 'sabar sebentar lagi', Jokowi meminta publik menunggu barang waktu sebentar lagi. Dia menyebut Indonesia tidak kekurangan orang-orang hebat untuk membantunya menjalankan roda pemerintahan.

Jokowi saat itu sudah berulangkali menyatakan pengumuman kabinet akan dilaksanakan setelah pelantikannya. Bisa jadi Jokowi menyampaikannya tepat setelah dilantik sebagai Presiden 2019-2024 atau di hari berikutnya.

"Mungkin bisa di hari yang sama dengan pelantikan, mungkin sehari setelah pelantikan. Insyaallah semua akan kita siapkan," sebut Jokowi.

View this post on Instagram

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Simak video 'Isu Reshuffle Menteri Jokowi, Ini Tanggapan Warga':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/tor)