Andre Rosiade Ingatkan Kesiapan Tes COVID-19 Akhir Tahun di Soetta

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Minggu, 20 Des 2020 20:30 WIB
Andre Rosiade
Foto: Jeka Kampai-detikcom
Jakarta -

Antrean tes rapid antigen maupun swab PCR di Bandara Soetta sempat memicu perhatian publik. Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade menangkap ada pembenahan yang dilakukan Angkasa Pura II. Namun Andre mengingatkan tentang perlunya kesiapan ekstra menghadapi long weekend di libur Natal dan Tahun Baru.

"Kami selaku anggota Komisi VI DPR RI mengapresiasi kesiapan pihak bandara Soekarno Hatta khususnya Angkasa Pura II dalam melaksanakan kebijakan rapid test antigen maupun swab kepada calon penumpang. Sebagai mitra kerja BUMN saya memantau dari proses awal sampai saat ini, semangat pembenahannya terasa," kata Andre dalam keterangan tertulis, Minggu (20/12/2020).

Berkaitan dengan tes usap ini, pada 17 Desember 2020 lalu, pengacara kondang Hotman Paris membuat postingan mengenai antrean panjang tes swab di Bandara Soetta. Kala itu jumlah petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kemenkes sempat kewalahan karena banyaknya calon penumpang.

Pada pagi hari ini lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta cukup ramai, diperkirakan terdapat sekitar 800 penerbangan atau 70% dari kondisi sebelum pandemi. Ramainya penumpang hari ini kemudian berdampak pada adanya antrean di titik layanan (check point) validasi surat hasil keterangan tes COVID-19.

Kembali ke Andre, Ketua DPD Gerindra Sumbar ini mengatakan dirinya mendapatkan sejumlah laporan dari masyarakat mengenai pelaksanaan tes usap yang cenderung lebih tertib setelah tanggal 17 Desember 2020.


"Saya berharap performa tim bandara khususnya AP II bisa terjaga dan bisa terus ditingkatkan hingga berakhirnya dua long weekend di akhir tahun 2020 ini. Perjuangan masih panjang," katanya.

"Saya mendapatkan sejumlah laporan dari masyarakat mengenai pelaksanaan rapid test antigen tersebut, berjalan tertib, tetap mengedepankan jaga jarak dengan metode antrean menggunakan nomor dan dipanggil per 10 orang. Petugas juga tetap siap sedia meskipun sudah memasuki tengah malam," jelas Andre.

(ega/ega)