Hotman Kritik Antrean, Andre Rosiade Minta Petugas KKP Kemenkes Ditambah

Nurcholis Maarif - detikNews
Kamis, 17 Des 2020 17:33 WIB
Andre Rosiade (Jeka Kampai/detikcom)
Foto: Andre Rosiade (Jeka Kampai/detikcom)
Jakarta -

Pengacara kondang Hotman Paris mengkritik layanan verifikasi tes swab di Bandara Soekarno Hatta pagi tadi yang memicu antrean panjang. Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade meminta agar kritik dari Hotman Paris menjadi evaluasi petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kemenkes.

"Tentu apa yang disampaikan oleh Bang Hotman Paris itu merupakan saran dan kritik yang baik untuk kemudian dievaluasi. Tapi yang perlu diluruskan, itu bukan salah pihak bandara atau AP II," kata Andre dalam keterangan tertulis, Kamis (17/12/2020).

Andre mengatakan, petugas yang menangani tes swab di bandara adalah petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kemenkes. Untuk itu, Politikus Gerindra ini meminta agar petugas KKP ditambah lagi, agar antrean bisa dihindari.

"Berdasarkan informasi yang saya terima, petugas dari KKP Kemenkes sudah 10 orang yang bekerja pada pagi itu. Namun jumlah calon penumpang memang cukup banyak," kata Andre.

Andre mengatakan, pada pagi hari ini lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta cukup ramai, diperkirakan terdapat sekitar 800 penerbangan atau 70% dari kondisi sebelum pandemi. Ramainya penumpang hari ini kemudian berdampak pada adanya antrean di titik layanan (check point) validasi surat hasil keterangan tes COVID-19.

Pukul 04.20 WIB, lanjut Andre, penumpang pesawat mulai ramai berdatangan di Terminal 3. Sejalan dengan itu, pukul 05.01 WIB sudah terdapat antrean di dalam jalur queuing line jalur validasi surat hasil keterangan tes COVID-19.

Di check point ini, yang bertugas adalah personel Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes). Menurut Andre, kurang lebih 30 menit kemudian atau sekitar pukul 05.30 WIB, antrean sudah terurai dan tidak terlihat lagi kepadatan di check point tersebut.

Andre menjelaskan, Satgas Udara Penanganan COVID-19 Bandara Soekarno Hatta telah berkoordinasi dengan KKP Kemenkes di Bandara Soekarno-Hatta dan sebagai tindak lanjut akan dilakukan evaluasi prosedur terkait proses pemeriksaan dokumen, termasuk surat hasil keterangan rapid test antigen dan PCR test yang diperkirakan mulai berlaku besok hingga periode angkutan Nataru berlangsung.

"Tentu dengan adanya masukan dari Bang Hotman maupun masyarakat lainnya, kami berharap petugas KKP Kemenkes bisa ditambah. Kalau sekarang 10 bisa ditingkatkan jadi 20," pungkas Andre.

(prf/ega)