Hari Bela Negara, Prabowo Ingatkan Pentingnya Persatuan

Rahel Narda - detikNews
Sabtu, 19 Des 2020 12:53 WIB
Prabowo Subianto merapat ke Istana jelang pengumuman dan pelantikan menteri Kabinet Kerja Jilid II, Rabu (23/10/2019).
Menhan Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta -

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengingatkan bela negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga. Ia menegaskan kewajiban bela negara bukan hanya tugas TNI, Polri, dan petinggi negara.

"Bahwa tugas bela negara bukan hanya tugas TNI dan Polri, bukan hanya tugas petinggi negara, namun bela negara merupakan tugas dan kewajiban kita semua sebagai warga negara Indonesia," ujar Prabowo dalam acara Puisi Bela Negara yang disiarkan secara virtual melalui YouTube Perpustakaan Nasional RI, Sabtu (19/12/2020).

Prabowo mendorong setiap anak bangsa bergerak melakukan tugas bela negara. Menurutnya, perilaku bela negara dapat diwujudkan melalui pengabdian setiap warga di bidang profesi masing-masing.

"Semua anak bangsa harus tergerak dan bergerak untuk bela negara sesuai dengan ladang pengabdian masing-masing. Panggilan untuk bela negara bisa dilakukan oleh seorang petani, guru, prajurit TNI, seorang dokter, bidan, tenaga kesehatan, buruh, profesional, pegawai negeri sipil, pedagang ataupun profesi lainnya," ucapnya.

Lebih lanjut Menhan Prabowo mengatakan setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam melakukan bela negara. Ia mengajak masyarakat turut serta membela negara di mana pun berada.

"Saya mengajak kita semua menjalankan tugas dan tanggung jawab kebangsaan kita untuk ikut serta dalam bela negara di mana pun kita berada, apa pun pendidikan kita, apa pun profesi kita, apa pun pekerjaan kita. Semua punya hak dan kewajiban yang sama," ujarnya.

Selain itu, dalam memperingati Hari Bela Negara, Prabowo mengajak setiap warga negara kembali mengenang sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Ia mengimbau masyarakat kembali mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam menjaga keutuhan NKRI.

"Pada momentum peringatan hari bela negara ini, saya ingin mengajak seluruh rakyat Indonesia mengenang kembali sejarah perjuangan bangsa dalam mempertahankan NKRI, mengenang kembali pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa untuk menguatkan kembali keyakinan kita akan pentingnya persatuan dan kesatuan, semangat pantang menyerah, kebersamaan dan gotong royong untuk mempertahankan serta menjaga keutuhan NKRI," tegasnya.

Lebih lanjut baca di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2