Sebelum Ditangkap, Ketua Pecinta Habib Bahar Memutari Polres Jaksel

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 18 Des 2020 16:00 WIB
Pria berkaas Pecinta Habib Bahar diamankan saat hendak ke Polres Jaksel dan bawa sajam.
Pria berkaus 'Pecinta Habib Bahar' diamankan saat hendak ke Polres Jaksel dan bawa sajam. (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Remaja berinisial RP (16) diamankan Polres Jaksel setelah kedapatan membawa senjata tajam di kawasan Darmawangsa, Jakarta Selatan. RP, yang saat itu memakai kaus bertulisan 'Pecinta Habib Bahar', sempat memutari Polres Jaksel.

Kasat Reskrim Polres Jaksel AKBP Jimmy Christian Samma menuturkan pihaknya mengamankan RP karena gelagatnya mencurigakan. RP terpantau berputar-putar di dekat Polres Jaksel pada Kamis (17/12/2020) siang kemarin.

"Kronologinya yaitu pada saat Polres Jaksel melakukan simulasi pengamanan mako, kemudian si RP ini datang muter-muter di sekitar Polres," kata Jimmy kepada wartawan di Mapolres Metro Jaksel, Jalan Wijaya II, Jakarta Selatan, Jumat (18/12/2020).

Polisi ketika itu sedang melaksanakan simulasi pengamanan markas di Polres Jaksel. Melihat gelagat RP yang mencurigakan, polisi kemudian mengamankan RP.

RP saat itu diketahui diantar oleh ABA. Polisi kemudian menggeledah RP.

"Karena kita melakukan penyekatan jalan, kemudian yang bersangkutan dari sebelah Polres masuk melewati tanda larangan, artinya itu satu arah dan yang bersangkutan bersama rekannya masuk ke Polres. Kemudian pada saat kita melihat hal-hal yang kita lihat ada mencurigakan, kemudian kita lakukan penggeledahan," jelasnya.

Saat dilakukan penggeledahan, didapati sebilah pisau dari dalam tas milik RP. Saat diinterogasi, RP mengaku hendak menyambangi Polres Jaksel karena ada undangan via grup WhatsApp.

"Dari penggeledahan itu sekitar jam 2 siang ya. Jadi dari hasil penggeledahan itu, kami dapati yang bersangkutan bawa sajam yang tadi sudah saya sampaikan pisau yang agak panjang gagangnya hitam. Kemudian kita lakukan interview, kemudian kita amankan dua orang, salah satunya yang di belakang kita ini (RP) bawa pisau," ucapnya.

Jimmy belum bisa merinci seperti apa isi ajakan yang diterima oleh RP. Ia mengatakan pihaknya masih mendalami isi grup WA tersebut.

RP mengaku sebagai Ketua Pecinta Habib Bahar (PHB) Cabang Garut, Jawa Barat. Polisi masih mendalami terkait perkumpulan 'Pecinta Habib Bahar' ini.

Saat ini RP masih diperiksa di Polres Metro Jakarta Selatan. Polisi masih mendalami keterangan RP.

(mei/mei)