Polisi Tutup Lalin Arah Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Selatan Sempat Macet

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Jumat, 18 Des 2020 14:58 WIB
Massa aksi 1812
Blokade pesonel polisi menutup Jalan Medan Merdeka Selatan ke Patung Kuda sekitar pukul 14.05 WIB. (Dias/detikcom)
Jakarta -

Massa aksi 1812 yang berkumpul di Patung Kuda, Jakarta Pusat, mulai digiring polisi untuk mundur. Polisi langsung menutup akses menuju Patung Kuda.

Pantauan detikcom, Jumat (18/12/2020), pukul 14.05 WIB, akses Jalan Medan Merdeka Selatan menuju Patung Kuda ditutup. Polisi memblokade jalan-jalan tersebut dengan membariskan personelnya di tengah jalan.

Imbasnya, timbul kemacetan di Jalan Merdeka Selatan dari arah Tugu Tani. Semua motor dan mobil tidak bisa bergerak ke arah Tanah Abang, Istana Merdeka, hingga Patung Kuda.

Polisi pun mengalihkan lalu lintas. Semua kendaraan yang ada di Jalan Merdeka Selatan dialihkan ke Jalan H Agus Salim arah Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Selain itu, kemacetan timbul akibat kerumunan massa aksi 1812 yang masih berkumpul di sisi jalan H Agus Salim. Mereka masih menolak pergi.

Polisi terus memukul mundur massa tersebut. Blokade yang dibuat untuk menutup Jalan Medan Merdeka Selatan ikut bergerak mengikuti arah massa.

Kemudian, pada pukul 14.45 WIB, blokade personel itu giliran menutup Jalan H Agus Salim. Sebab, massa bergerak ke Jalan H Agus Salim.

Massa aksi 1812Giliran blokade personel tutup Jalan H Agus Salim pukul 14.45 WIB (Dias/detikcom)

Arus lalu lintas Jalan Medan Merdeka Selatan menuju Patung Kuda kembali dibuka. Arus lalu lintas pun lancar.

Sementara itu, polisi-TNI masih terus berusaha menggiring massa aksi untuk pergi dari kawasan Patung Kuda. Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto mengancam akan melakukan tindakan tegas terhadap para pelanggar undang-undang.

(ibh/tor)