Peta Kandidat Calon Ketum PPP Pengganti Romahurmuziy

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 18 Des 2020 11:44 WIB
Mukernas PPP di Cisarua, Rabu (20/3/2019)
Foto: PPP (Gibran Maulana Ibrahim/detikcom).
Jakarta -

PPP akan memilih ketua umum definitif dalam Muktamar IX yang akan dibuka malam ini. Peta bursa kandidat calon ketua umum PPP sudah tergambarkan sejauh ini.

Muktamar IX PPP digelar di Makassar, Rabu (18/12/2020), pukul 20.00 WITA dan dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sembilan kota lainnya akan mengikuti muktamar ini.

"Muktamar IX PPP akan dibuka malam ini pukul 20.00 WITA. Pembukaan dilakukan di Kota Makassar sebagai kota penyelenggara dan diikuti dari 9 kota lainnya; Medan, Padang, Palembang, Tangerang, Bogor, Semarang, Surabaya, Samarinda, Manado," kata Sekretaris OC Muktamar IX PPP, Achmad Baidowi atau Awiek, Jumat (18/12/2020).

"Muktamar akan dibuka resmi Presiden Joko Widodo dari Istana secara virtual," imbuh Awiek.

PPP bakal memilih ketua umum baru definitif dalam muktamar kali ini. Semenjak Romahurmuziy atau Rommy dicokok KPK, posisi ketum PPP dijabat seorang Plt yakni Suharso Monoarfa.

Ada dua calon ketum PPP terkuat sejauh ini. Namun, tokoh senior PPP lainnya sempat menyatakan siap maju di muktamar. Berikut ini kandidat calon ketum PPP yang dirangkum detikcom hingga siang ini:

1. Suharso Monoarfa

Suharso Monoarfa merupakan plt ketum PPP semenjak Rommy ditangkap KPK. Suharso terpilih menjadi Plt Ketum PPP dalam Mukernas yang diselenggarakan awal 2019 kemarin.

Saat itu, Suharso Monoarfa menangis ketika berpidato. Suharso berbicara lambang kakbah partai dan sifat kader yang menurutnya tidak selaras. "Ya Allah...," katanya menangis.

Selain sebagai plt ketum PPP, Suharso Monoarfa saat ini menjabat Menteri PPN/Kepala Bappenas. Nama Suharso disebut-sebut sebagai kandidat terkuat Ketum PPP.

"Kalau lihat hasil rapimwil DPW-DPW, banyak yang menyebut nama Pak Suharso, bahkan minta aklamasi," ucap Awiek.

2. Taj Yasin

Calon terkuat untuk menjabat Ketum PPP berikutnya yakni Taj Yasin. Taj Yasin adalah putra kiai kharismatik Maimoen Zubair atau Mbah Moen, salah satu tokoh yang dihormati di PPP. Taj Yasin saat ini menjabat Wagub Jateng.

DPW PPP Jawa Tengah mendukung Taj Yasin menjadi Ketum PPP. Memang ada nama lain yang diusulkan, namun PPP Jateng bulat mendukung Taj Yasin atau biasa disapa Gus Yasin.

"Ada sejumlah nama yang diusulkan. Namun meski mengusulkan nama-nama lainnya, nama Gus Yasin juga diusulkan sehingga mayoritas sudah mengusulkan Gus Yasin sebagai calon ketum PPP," kata pimpinan rapat DPC PPP se-Jateng, Abdul Aziz, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/12/2020).